EKI Update, Eksplorasi Generasi Millenial - Kompas.com

EKI Update, Eksplorasi Generasi Millenial

Kompas.com - 25/07/2018, 15:46 WIB
Anggota EKI Dance sedang berlatih.Dok. EKI Dance Anggota EKI Dance sedang berlatih.

JAKARTA, KOMPAS.com--Lebih dari 100 orang yang terdiri dari penampil dan kru EKi Dance Company datang ke Surabaya menyiapkan pergelaran seni pertunjukan Eki Update v.3.1 di Tunjungan Plaza Convention Centre Surabaya, tanggal 27-29 Juli 2018.

EKI Update v.3.1 menyajikan nomor tarian, choirs, interactive games, dan Mini Musical serta tampilan lagu dan tari oleh anak-anak binaan Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Jakarta. Keseluruhan pendapatan dari penjualan tiket akan disumbangkan untuk YPAC Surabaya.

Aiko Senosoenoto selaku Direktur Utama EKI Dance Company menyampaikan tema dari EKI Update v.3.1 adalah berbagai hal terkait issue generasi millenial. "Generasi ini terlanjur dipahami penting karena jumlahnya yang besar dan penting sebagai pemegang masa depan bangsa ini. Namun apa kita benar benar mau mendengar, memahami dan mengerti mereka,? Atau malah menghakimi dengan memberi cap generasi instan, cuek dan sebagainya? EKI UPDATE v.3.1 berusaha menyajikan dengan utuh dan apa adanya," papar ibu dari empat anak ini.

Untuk itu, EKI Update v.3.1 menampilkan tarian dengan nafas millenial yang kental baik secara musik, kostum maupun ramuan artistik secara keseluruhan. Seperti sajian etnik yang berbalut kekinian, tarian yang membawakan keresahan anak muda serta sebuah mini musical yang secara komedi memaparkan kehidupan anak muda dari berbagai latar belakang di Indonesia yang tinggal di Amerika.

"Sebisa mungkin sajian seni tidak terpisah dengan perkembangan dan keresahan yang ada pada sebuah masyarakat. Eki Update ada untuk itu, selalu "up to date" pada kekinian " jelas Aiko lagi.

Salah satu tampilan istimewa di Eki Update 3.1 adalah sajian Tari dan lagu yang dibawakan anak anak binaan Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Sebanyak delapan siswa YPAC-Jakarta duduk di kursi roda, menari dan menyanyi bersama puluhan penari profesional dari EKI Dance Company. Di panggung itu, meskipun ada perbedaan, namun semuanya terasa menyatu dan sangat mengharukan.

LEKI
"Saya bersyukur dan berterima kasih telah diajak dan diberi kesempatan menggali bakat yang saya tidak tahu, malah bisa menghibur orang lain juga " kata Alwin.

Sehubungan dengan adanya sumbangan dari hasil tiket untuk YPAC Surabaya, Wiwiek Teddy selaku (Ketua YPAC Surabaya) menyatakan, " Kerjasama ini bagai hujan yang tiba saat kemarau. Saat kami membutuhkan banyak perbaikan dan penambahan perlengkapan, Eki Dance Company justru menawarkan kerjasama ini. Terima kasih buat masyarakat Surabaya yang ikut mendukung dengan ikut mengapresiasi seni sambil Salurkan peduli" katanya.


Komentar
Close Ads X