Pameran Keramik Meriahkan Asian Games - Kompas.com

Pameran Keramik Meriahkan Asian Games

Kompas.com - 08/08/2018, 00:43 WIB
Pameran Keramikistimewa Pameran Keramik

 

JAKARTA, KOMPAS.com--Pameran berjudul “Ceramic Asia in Batavia : The Age of Partnership” merupakan salah satu program kegiatan UP Museum Seni Tahun Anggaran 2018 yang mendukung tugas dan fungsi Museum Seni Rupa dan Keramik sebagai lembaga yang berperan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap perkembangan seni rupa Indonesia.

Tak terkecuali seni keramik yang berkembang dari masa ke masa, juga menghimpun informasi dan mendokumentasikan berbagai catatan penting terkait peran penting keramik dalam sejarah peradaban bangsa.

Kegiatan ini merupakan awal dari serangkaian program publik UP Museum Seni yang didedikasikan untuk menyambut semaraknya Kota Jakarta sebagai tuan rumah pesta olah raga ASIAN GAMES 2018.

Pameran keramik ini menyajikan berbagai artefak keramik koleksi Museum Seni Rupa & Keramik yang bersumber dari hasil penggalian di kota tua Jakarta dan sumbangan dari masyarakat, koleksi Puslit Arkenas hasil penggalian dari Banten, keramik cinderamata Presiden Soeharto yang dikoleksi oleh Museum Purnabhakti Pertiwi, serta koleksi keluarga Frans Seda.

Konsep pameran ini dikemas oleh kurator pameran, Prof.Naniek Harkantiningsih untuk menyajikan bukti bukti tinggalan keramik yang menunjukkan peran penting Batavia dalam jalur perdagangan dunia, dimana keramik Asia merupakan mata dagang terpenting pada masa itu.

Pesan penting yang diangkat dalam pameran ini adalah untuk menggugah warga ibukota dan segenap pengunjung pameran ini yang akan datang dari berbagai daerah bahkan telah terjadwal akan dikunjungi oleh tamu atlet Asian Games pada minggu terakhir bulan Agustus, agar dapat menjadi jendela untuk mengenal lebih dekat potensi keramik negara-negara Asia serta mengetaui peran penting kota Jakarta dalam perkembangan keramik Asia.

Pameran ini digelar di Museum Seni Rupa dan Keramik yang berlokasi di Jalan Pos Kota Nomor 2, Jakarta Barat mulai 4 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang dan akan diisi dengan serangkaian kegiatan bagi masyarakat yaitu : diskusi, lomba dan workshop bagi pelajar yang akan dilaksanakan selama pameran ini berlangsung.

Pameran dibuka oleh Plt.Kepala Dinas Pariwisata & Kebudayaan provinsi DKI Jakarta, Asiantoro pada Sabtu 4 Agustus 2018.

Dalam sambutannya, Asiantoro mengharapkan agar pameran ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.

"Tema kejayaan Keramik Asia dapat turut andil dalam menyulut semangat para atlet Asia untuk berlaga di ASIAN GAMES 2018," tutur Asiantoro.


Komentar
Close Ads X