Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMAN 2 Pati Memenangi Lomba Musikalisasi Puisi Jateng

Kompas.com - 14/08/2018, 10:32 WIB
Jodhi Yudono

Penulis

TEGAL, KOMPAS.com--Balai Bahasa Jawa Tengah, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengemban tugas untuk memberikan layanan pembinaan  bahasa dan sastra yang  bertajuk  “Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat SMTA Jawa Tengah 2018”.

Lomba tersebut berhasil mewadahi kreativitas pemuda-pemuda Jawa Tengah dalam rangka memusikalisasikan puisi-puisi dalam harmoni yang indah. Mengusung tema antikorupsi, “Menyemai Kejujuran, Menuai Asa”, kegiatan Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat SMTA Jawa Tengah 2018 bertujuan menanamkan nilai-nilai kejujuran kepada generasi muda, tidak terkecuali para siswa.

Pelaksanaan Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat SMTA Jawa Tengah 2018 berlangsung pada 11—12 Agustus 2018 di Gedung Teater Arena, Taman Budaya Tegal yang diikuti 31 penampil dari yang semula dijadwalkan 35 penampil. Empat peserta gagal tampil karena mengundurkan diri.

Setelah menilai dan mempertimbangkan aspek-aspek penilaian, yaitu penafsiran puisi, komposisi musikal, keselarasan, vokal, dan penampilan, dewan juri yang terdiri atas seniman, sastrawan, dan akademisi yang berkompeten di bidangnya, yakni Jodhi Yudono (Jakarta), Joshua Igho (Banyumas), dan Darno, S.Sn., M.Sen. (Institut Seni Indonesia Surakarta), memutuskan pemenang “Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat SMTA Jawa Tengah 2018”, yakni Pemenang I SMAN 2 Pati, Pemenang II SMAN 6 Purworejo, Pemenang III SMAN 1 Pati, dan Pemenang  Harapan SMAN 1 Magelang. Para pemenang Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat SMTA 2018 memperoleh piala, piagam penghargaan, dan uang pembinaan.

Pemenang I         Rp5.000.000,00
Pemenang II        Rp4.000.000,00
Pemenang III        Rp3.000.000,00
Pemenang  Harapan     Rp2.000.000,00

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com