Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Menarik Menteri Retno Marsudi Saat Latihan Bareng Elek Yo Band

Kompas.com - 07/09/2018, 21:28 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Elek Yo Band telah mencuri perhatian penikmat musik Tanah Air. Bukan karena kemahiran bermusik para personelnya, melainkan latar belakang profesi tiap anggota grup musik tersebut.

Band ini beranggotakan trio vokal Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, serta Koordinator Staf Khusus Pre­siden Teten Masduki.

Selain itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (gitar/vokal), Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri (gitar), Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf (keyboard), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (drum), dan suami Retno Marsudi, Agus Marsudi (bas).

Retno mengungkapkan bagaimana cerita di balik proses latihan Elek Yo Band. Ia berujar, sering kali Elek Yo Band berlatih suka-suka pemainnya saja.

Baca juga: Bersama Elek Yo Band, Menko PMK Meriahkan Konser Amal untuk NTB

"Wah kalau latihan, kami hancur-hancuran," ujar Retno ketika menjadi pembicara dalam acara talkshow Youth X Public Figure Vol 7 di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (7/9/2018).

Tidak hanya itu, kata Retno, jadwal latihan kerap molor dari yang ditentukan bersama.

"Pokoknya kalau mau ketemu tujuh orang kumpul susahnya sangat luar biasa. Kalau ditungguin jam 20.00, ada yang baru datang jam 23.00. Yang sering telat itu Pak Hanif dan Pak Basuki," kata Retno.

Meski demikian, tidak ada pihak yang merasa keberatan atau marah akibat keterlambatan beberapa personel. Mereka sudah saling memahami pekerjaan masing-masing.

"Karena kami semua sibuk (menjadi menteri), kami semua memaklumi," kata Retno.

Elek Yo Band awalnya hanyalah manggung di tingkat hajatan pernikahan. Elek Yo Band manggung kali pertama pada acara pernikahan putri dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Jogja Expo Center (JEC), Bantul, Yogyakarta, Jumat (29/12/2017).

Dari hajatan, Elek Yo Band naik tingkat ke festival musik Java Jazz 2018. Mereka tampil di atas panggung Mitsubishi Stage yang diselenggarakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (2/3/2018)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com