Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak Wakili Indonesia di Seleksi Oscar 2019

Kompas.com - 19/09/2018, 06:56 WIB
Salah satu adegan dalam film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak atau Marlina The Murderer in Four Acts. Cinesurya PicturesSalah satu adegan dalam film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak atau Marlina The Murderer in Four Acts.

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak besutan sutradara  Mouly Surya terpilih mewakili Indonesia untuk mengikuti seleksi nomine Academy Awards 2019 pada kategori Best Foreign Language Film.

Film tersebut diajukan oleh Komite Seleksi Oscar 2019 untuk Indonesia dari Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) pimpinan aktris Christine Hakim.

Marlina the Murderer in Four Acts” is Indonesia’s submission to the Oscars! “Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak” menjadi submisi Indonesia ke Oscars! #MarlinaForTheOscars," tulis akun Twitter rumah produksi Cine Surya, @cinesurya, seperti dikutip Kompas.com, Rabu (19/9/2018).

Sementara sutradara Mouly Surya, juga melalui Twitter, mengungkapkan perasaan bahagia sekaligus haru atas terpilihnya film Marlina untuk diajukan ke seleksi nomine Oscar 2019.

"Sangat senang mendengar kepercayaan kepada Marlina yang diberikan oleh tim seleksi dan kawan2, juga penonton2 di sosial media yang dari kemarin sudah semacam kampanye di twitter dgn hashtag #marlinafortheoscars," tulis Mouly.

"Marlina sudah tahun lalu rilisnya tapi masih terasa kehadirannya sampai sekarang, itu rasanya luar biasa dan bikin terharu membacanya. Semoga kesempatan dan dukungan ini terus bisa mengantar Marlina secara maksimal sebagai wakil Indonesia," tambahnya.

Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak atau Marlina the Murderer in Four Acts berkisah tentang seorang janda asal Sumba bernama Marlina (Marsha Timothy) yang memenggal kepala seorang perampok, Markus (Egi Fedly), yang menyatroni rumahnya.

Marlina kemudian membawa kepala si perampok dalam sebuah perjalanan ke kantor polisi.

Sebelum tayang perdana di bioskop Tanah Air pada 16 November 2017, film Marlina sudah melanglang buana ke berbagai festival film. Di antaranya Cannes dan Toronto International Film Festival 2017.

Marlina juga mendapat kesempatan didistribusikan ke 18 teritori di Amerika, Eropa, dan Asia. Pada awal 2018 lalu, film tersebut tayang di jaringan bioskop Amerika Serikat dan Kanada

Berbagai penghargaan internasional pernah pula film Marlina raih, yakni penghargaan sebagai skenario terbaik pada FIFFS Maroko edisi ke-11. Serta penghargaan sebagai film terbaik Asian Nest Wave dari The QCinema Film Festival, Filipina.

Selanjutnya, Marlina memenangi penghargaan NETPAC Jury Award di Five Flavours Asian Film Festival 2017.

Marsha Timothy sebagai bintang utama juga meraih penghargaan sebagai aktris terbaik dari Sitges International Fantastic Film Festival, mengalahkan aktris Hollywood, Nicole Kidman.

Baca juga: Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak Tayang di Bioskop AS

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X