Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK Rowling Sebut Tokoh Nagini Berasal dari Mitologi Indonesia

Kompas.com - 27/09/2018, 14:27 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penggemar Harry Potter dikejutkan dengan munculnya karakter makhluk setengah ular bernama Nagini dalam trailer Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald (2018) yang dirilis Warner Bros Pictures pada 25 September 2018.

Nagini merupakan ular betina besar yang mendampingi musuh utama Harry Potter, Lord Voldemort, dalam tujuh buku serial Harry Potter yang ditulis Joanne Kathleen Rowling.

Fantastic Beasts sendiri merupakan spin off dari serial Harry Potter. Film garapan David Yates dengan kisah yang diadaptasi dari cerita Harry Potter itu akan tayang perdana pada 16 November 2018.

Dalam film terbaru Fantastic Beasts ini, Newt Scamander akan bertemu dengan sosok Nagini, sebelum berubah wujud menjadi ular. Nagini diperankan oleh aktris Korea, Claudia Kim.

Dalam universe Harry Potter, Nagini merupakan Maledictus (orang dengan darah kutukan) yang kemudian terjebak dalam wujud ular. Saat berwujud ular, dia kemudian bertemu Voldemort yang dalam pengasingan di Albania.

Dilansir dari akun Twitter Arepyong, @arepyong, ia mengaku terkejut dengan sosok Nagini dalam wujud manusia.

Kemudian, twitnya dibalas oleh akun Jen Moulton, @J_A_Moulton, yang mengungkapkan kemunculan tokoh Nagini yang dimainkan aktris Korea, kurang tepat.

Ungkapan Jen tersebut mendapat konfirmasi langsung dari JK Rowling. Menurut Rowling, Nagini pantas diperankan seorang aktris Asia, karena latar belakang karakternya bermula dari Asia.

"Naga adalah makhluk mitologis mirip ular dalam mitologi Indonesia, yang bernama 'Nagini'. Mereka biasanya digambarkan memiliki sayap, dan terkadang berwujud setengah manusia, setengah ular," tulis JK Rowling dalam twitnya.

Twit dari J.K.Rowling yang mengonfirmasi tokoh Nagini yang muncul di trailer Fantastic Beasts: Crimes of Grindelwald.Twitter: J.K.Rowling, @jk_rowling Twit dari J.K.Rowling yang mengonfirmasi tokoh Nagini yang muncul di trailer Fantastic Beasts: Crimes of Grindelwald.
Rowling menambahkan, Indonesia juga memiliki beberapa ratus kelompok etnis, termasuk Jawa, China, dan Betawi.

Dalam mitologi Indonesia, terdapat tokoh ratu ular bernama Naga Gini. Dalam buku Sejarah Wayang Purwa (1982), Dewi Nagagini yang merupakan putri Dewa Ular bernama Hyang Antaboga dan Dewi Supreti dari Kahyangan Saptapratala.

Dewi Naga Gini diwujudkan dalam wujud setengah manusia dan setengah ular. Ia memiliki wujud setengah ular dari bapaknya yang merupakan raja ular raksasa.

Dewi Naga Gini merupakan istri Bima alias Werkudara. Dari perkawinan tersebut, mereka memiliki anak bernama Arya Anantareja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com