Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Fandom K-pop di Indonesia Bersatu Galang Dana untuk Palu dan Donggala

Kompas.com - 04/10/2018, 10:03 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gempa dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, sepekan lalu tak cuma menggugah hati pesohor hiburan Tanah Air, tetapi juga artis K-pop, contohnya Siwon dan Yesung "Super Junior" serta Hyoyeon "SNSD".

Keprihatinan itu pun dirasakan pula oleh para penggemar mereka di Indonesia. Melalu laman kitabisa.com, klub-klub penggemar artis K-pop di Indonesia melakukan penggalangan dana bertajuk "K-Pop Fandom Peduli Gempa Donggala & Palu Sulteng".

"Halo! Kami dari berbagai fanbase Kpop di Indonesia bekerja sama dalam penggalangan dana untuk korban gempa di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah," tulis Kartikawati Halim, pemilik akun Kitabisa.com, sebagai perwakilan para fandom, seperti dikutip Kompas.com, Kamis (4/10/2018).

Terhitung ada 21 fandom K-pop yang bergabung untuk penggalangan dana tersebut. Mereka adalah Melody Indonesia, Mamamoo Indonesia, NCTunnel, Dreamcatcher7 Indonesia, YGstan INA, Hello SHINee, VICTON Neworld, AstroID, HILIGHT, dan GG INA.

Selain itu ada Infinite Inspirit, This is Golden Child, BY1GOT7, EXO-L Yehet~, Seventeen World, Forwannable ID, Kardnesia, Day6 ID, IU Indonesia, The Boyz Indonesia, serta Global Army.

"Kami akan membuka donasi selama tujuh hari ke depan untuk membantu saudara-saudara kita yang menjadi korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Berapapun jumlah donasi kalian akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Ayo terus sebar kebaikan, cause happiness is only real when shared," tulisnya lagi.

Berdasarkan data yang tercantum dalam m.kitabisa.com/kfandomuntuksulteng, sampai hari ini sudah terkumpul dana sebesar Rp 1.703.383 dari 26 donatur. Mereka menargetkan bisa menggalang hingga Rp 50 juta.

"Sejumlah dana yang terkumpul akan kami salurkan ke Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang nantinya akan secara langsung mendistribusikan bantuan ke daerah yang terkena dampak gempa dan tsunami," tulis Kartikawati.

Dari pantauan Kompas.com di akun kitabisa.com Aksi Cepat Tanggap, penggalangan dana "Bantu Korban Gempa dan Tsunami Palu-Donggala" sudah terkumpul senilai Rp 7.798.248.907 dari target Rp 10 miliar. Sudah 38.069 yang berdonasi.

Baca juga: Update Gempa dan Tsunami Sulteng: Dari Jumlah Korban Sampai Bantuan Internasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com