Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mari Menari Penghormatan untuk Rudy Wowor

Kompas.com - 09/10/2018, 05:46 WIB
Jodhi Yudono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com--EKI dance Company mempersembahkan “Mari Menari” sebagai ungkapan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Rudy Wowor, maestro Indonesia yang kiprahnya terbentang dari dunia tari, akting, fashion hingga penulis, pada 13 Oktober 2018 pukul 15:00 dan 19.00 WIB di Galeri Indonesia Kaya, Lt 8 Grand Indoneisa

Pertunjukan ini akan memutar video tentang Rudy Wowor, juga menghadirkan beberapa tarian yang terinspirasi, baik dari tarian-tarian, ataupun proyek-proyek yang telah ditekuni oleh Rudy Wowor selama masa beliau berkarya.

Tarian-tarian yang akan dihadirkan merupakan karya dari Rudy Wowor yang dipentaskan ulang serta karya dari murid-muridnya.
Selain itu, penari-penari yang terlibat dalam pertunjukan ini, sebagian besar adalah murid-murid dari Rudy Wowor yang ingin memberikan apresiasi bagi kerja keras Rudy Wowor selama ini sebagai seniman Indonesia.

Seniman multi talenta ini telah berkarier sebagai penari, koreografer, fashion maupun art performance, model, aktor, sutradara, penulis dan banyak lagi.

Sepanjang kariernya, selain di Indonesia ia telah berkiprah di berbagai negara seperti Belanda , Jerman, Perancis, serta Spanyol .

Tahun 1968 ia telah menjadi salah satu penari utama pada konser music Rolling Stones ketika tur di eropa. Pada awa karier di Indonesia tahun 1970an, bisa dikatakan ia sebagai salah satu seniman yang meletakan batu pertama dibangunnya dunia seni pertunjukan di Indonesia.

Bisa dikatakan Rudy Wowor yang membawa Indonesia mengenal istilah 'show director' dalam peragaan busana, sehingga berdampak pada sebuah pergelaran yang relatif canggih, lantaran mengikutsertakan banyak unsur, seperti akting, tari , hingga musik dan dekorasi.

Selain itu, Rudy juga menggarap aksi panggung untuk sejumlah penyanyi seperti Vina Panduwinata, Hetty Koes Endang, SAS Grup dan banyak lagi. Belakangan beliau juga banyak membintangi film seperti Cut Nya Dhien, yang membawanya sebagai nominasi peran pembantu terbaik, lalu Java Heat, dan sejumlah drama televisi.

Dengan adanya event ini, diharapkan semua orang dapat lebih mengenal siapa itu Rudy Wowor dan apa yang sudah beliau lakukan bagi seni di Indonesia, agar apa yang selama ini ia perjuangkan dan berikan kepada murid-muridnya tetap hidup, dan tidak hilang ditelan zaman.

Eksotika Karmawibhangga Indonesia (EKI) adalah sebuah dance company profesional yang memadukan unsur tradisi dan kontemporer dalam karya-karyanya. EKI didirikan tahun 1996 oleh Aiko Senosoenoto dan Rusdy Rukmarata. Keduanya terinspirasi oleh semangat Karmawibhangga – sederet relief Candi Borobudur yang kini terkubur – yang menebarkan paham keterbukaan pemikiran dan potret yang jujur dari masyarakat pada zamannya.

Selama sepuluh tahun terakhir ini, EKI juga telah melahirkan sejumlah pementas- an musikal seperti : Madame Dasima (2001), China Moon (2003), Lovers and Liars (2004), Battle of Love (2005), Freakin’ Crazy You (2006), Miss Kadaluwarsa (2007), Jakarta Love Riot (2010), Kabaret Oriental (2012) dan lain-lain. Pada September 2016 lalu, EKI dipercaya untuk tampil pada Jamuan Makan Malam Kenegaraan di Istana Negara, di hadapan Presiden RI Joko Widodo dan tamu negara, Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Mulai tahun 2016 ini, EKI Dance Company juga rutin menggelar pementasan dengan tajuk EKI Update dengan kemasan variety Show yang mengusung tema berbeda-beda.

EKI update yang akan datang , yakni EKI Update 4.0 akan digelar bulan November di Gedung Kesenian Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com