Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bimbo Menyapa Anak Muda di Preanger Fest 2018

Kompas.com - 14/10/2018, 16:19 WIB
Reni Susanti,
Kistyarini

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - "Ada sajadah panjang terbentang, hamba tunduk dan sujud...".

Petikan syair lagu "Sajadah Panjang" itu diperdengarkan Bimbo dalam aksi panggungnya di Preanger Fest 2018 di Lapangan PPI Kota Bandung, Sabtu (13/10/2018).

Penonton yang didominasi anak muda Bandung tersebut, mendengarkan lagu-lagu religi Bimbo dengan tenang. Ada yang ikut menyanyi, merekam, atau bertanya kepada temannya, mengenai lagu yang dibawakan Bimbo.

Penampilan Bimbo malam itu memang menjadi pembeda dalam gelaran Preanger Fest yang digelar dua hari, Sabtu-Minggu (13-14 Oktober 2018) ini.

Bimbo menjadi artis paling senior sekaligus musisi legendaris Kota Bandung yang tampil. Sepanjang 52 kariernya di dunia musik, Bimbo menciptakan 800an lagu dengan 200 album.

Dari ratusan lagu yang diciptakan tersebut, paling banyak dibuat tahun 1970-an. Itu memperlihatkan rentang waktu yang cukup jauh dibanding musisi lainnya yang debut di tahun 1990-2000-an.

Bimbo menampilkan 11 lagu, di antaranya "Sajadah Panjang", "Anak Bertanya", dan "Penggali Kubur". Tidak semua penonton hafal lagu-lagu Bimbo, tetapi mereka tetap menikmati lagu-lagu berlirik indah yang disajikan sang legenda.

Penampilan Bimbo malam itu diiringi dengan orkestra, sehingga lagu religi dan lagu lawas Bimbo terdengar lebih kekinian dan membuat penonton bertepuk tangan.

Tata cahaya dan prosesi pembukaan aksi panggung Bimbo terbilang sangat meriah dibanding artis lainnya, hingga penonton pun sempat dibuat kaget dan penasaran dengan aksi Bimbo.

Beda genre

Panggung Preanger Fest 2018 menampilkan 44 musisi asal Bandung dari lintas generasi dan berbeda genre.

Ada religi seperti yang dibawakan Bimbo, ada musik cadas seperti The Sigit dan Koil, kemudian rock n roll seperti dibawakan Rock n Roll Mafia, dan lainnya.

Para penonton Bandung tampak antusias menikmati setiap suguhan para musisi. Mereka berjingkrak, menyanyi, dan tertawa.

Apalagi saat band indi Pemuda Harapan Bangsa atau The Panasdalam naik panggung, penonton kerap terpingkal-pingkal. Termasuk saat Pidi Baiq (The Panasdalam) menyampaikan humor khas Bandung, gelak tawa terdengar di PPI Bandung.

Musisi lainnya yang membuat penonton berjingkrak adalah The Sigit. Apalagi The Sigit tampil sekitar 30 menit setelah Bimbo di panggung yang sama. The Sigit pun menjadi band penutup Preanger Fest hari pertama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com