Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orkes Keroncong Pesona Solo Tampil di Balai Soedjatmoko

Kompas.com - 18/10/2018, 07:48 WIB
Jodhi Yudono

Penulis

SURAKARTA, KOMPAS.com--Orkes Keroncong Pesona Solo berdiri pada tanggal 17 April 2017. Orkes Keroncong pimpinan Koesbiantoro ini terdiri dari Indro atau akrab dipanggil Pak Canting pada instrument biola, Edek pada suling, sedangkan pada posisi melodi ada Budi, Celo (Maryono), cuk oleh Yono, cak ada Trioso, dan bass Mulyono atau Mas Arman.

Orkes Keroncong Pesona Solo sudah pernah berpentas di Joglo Sriwedari dan tampil di kota area Solo Raya, seperti di Karanganyar, Wonogiri, dan Sragen.

Selama ini mereka berlatih secara rutin setiap bulannya di Jln Ahmad Yani no 203, depan asrama CPM gilingan Surakarta. 

Berdirinya Orkes Keroncong Pesona Solo memiliki latar belakang yang cukup sederhana. Menurut Pendapat bapak Koesbiantoro, Solo merupakan kota cikal bakal keroncong, niat mulia ikut nguri-uri budaya keroncong inilah yang menjadi semangat dan spirit pak Koesbiantoro dan teman temannya membentuk OK Pesona Solo.

Bagi beliau, keroncong merupakan kekayaan budaya yang adi luhung, dan mampu mencipta pesona tersendiri ketika kita menikmati alunan lagunya.

Jadi jangan lupa untuk menyaksikan penampilan Orkes Keroncong Pesona Solo
Jumat, di Bentara Budaya Solo pada 19 Oktober 2018 | Pukul 19.30 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com