Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemeran Gundala Akan Diperkenalkan di Indonesia Comic Con 2018

Kompas.com - 20/10/2018, 09:27 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemeran Sancaka alias Gundala dalam film Gundala akan diperkenalkan dalam ajang Indonesia Comic Con yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu, pada 28 Oktober 2018.

Melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (20/10/2018), dijelaskan bahwa dalam kesempatan itu tidak hanya karakter utama, namun teaser trailer film arahan sutradara Joko Anwar tersebut juga akan diperlihatkan untuk kali pertama.

Gundala akan digarap oleh tiga rumah produksi kolektif. Mereka adalah Screenplay Films, Bumilangit Studios dan Legacy Pictures. Proses shooting dimulai sejak September 2018 dan masih berlangsung hingga akhir Oktober 2018 ini.

Beberapa waktu lalu, Joko mengatakan bahwa sosok Gundala akan lebih segar agar penonton mendapatkan sensasi saat menonton.

"Sensibilitasnya yang kami upgrade. Orang nonton fresh, tanpa ada sesuatu mereka sudah tahu. Untuk membuat sebuah produk film kami harus update sensibilitasnya," ujar Joko dalam jumpa pers di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (4/4/2018).

Baca juga: Popcon Asia 2018 Akan Hadirkan Animasi hingga Film Gundala

Gundala Putra Petir merupakan superhero asli Indonesia karya komikus Harya Suryaminata atau Hasmi yang lahir pada 1962.

Ia mengenakan kostum ungu dengan topeng yang memiliki ornamen sayap pada bagian telinga kiri dan kanannya.

Dalam menciptakan tokoh Gundala, Hasmi terinspirasi oleh tokoh legenda Jawa, Ki Ageng Selo Sang Penangkap Petir. Gundala mengalahkan musuh-musuhnya dengan sejumlah kekuatan istimewa yang bersumber dari petir.

Sejak komik pertama kali terbit pada tahun 1969, Gundala langsung menjadi tokoh cerita gambar legendaris Indonesia sejak terbit hingga hari ini.

Gundala telah rilis 23 judul hingga tahun 1982. Karakternya yang "merakyat" memberikan kedekatan dan kebanggaan tersendiri bagi para penggemarnya di Indonesia. Selain itu fenomena petir juga tidak asing lagi bagi bangsa Indonesia sebagai negara tropis dengan curah hujan yang tinggi.

Bahkan menurut Geology.com, Indonesia adalah salah satu dari negara di dunia yang memiliki jumlah petir yang terbanyak dan masuk kategori unusual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com