Pemuda Bergerak Gelorakan Nasionalisme - Kompas.com

Pemuda Bergerak Gelorakan Nasionalisme

Kompas.com - 25/10/2018, 13:23 WIB
IlustrasiIWO Kota Medan Ilustrasi

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2018 mendatang, Puluhan Komunitas dan Pelaku Industri kreatif kota Medan membentuk sebuah wadah dengan nama “Pemuda Bergerak” dan berencana menggelar beberapa rangkaian kegiatan yang memiliki tujuan mengingatkan dan menggelorakan kembali semangat nasionalisme pemuda pada masa tercetusnya sumpah pemuda di tahun 1928 lalu.

Pentingnya momentum sumpah pemuda yang kini telah berusia 90 tahun, memiliki makna strategis bagi proses persatuan seluruh anak bangsa. Maka dari itu “Pemuda Bergerak” merasa terpanggil untuk mengembalikan nilai-nilai persatuan.

Pemuda Bergerak merupakan bagian dari sebuah kegiatan kolaborasi antar puluhan komunitas dan pelaku indsutri kreatif yang ada dikota medan, dalam mempererat keakraban dan meningkatkan semangat juang dalam berkreativitas.

Kegiatan akan diselenggarakan pada tanggal 28 Oktober 2018 di Museum Perkebunan Indonesia, Jalan Brigjen Katamso Medan.

Diawali dengan Konvoi dari komunitas motor dan mobil unik dan menarik dari titik start museum perkebunan dan akan kembali ke lokasi acara.

Tidak hanya itu, perhelatan juga akan dimeriahkan oleh Art Exhibition, Music Performance, Tradisional Dancer, standup Comedy, Sharing session, Community Gathering dan Pembacaan Deklarasi Sumpah Pemuda secara serentak diikuti oleh beberapa kota besar lainnya seperti Bandung, Jakarta, Makasar, Malang, Palembang, Pekanbaru, Solo, Surabaya, medan, Yogyakarta yang bekerja sama oleh We The Youth.

We The Youth adalah Organisasi yang bergerak bagi ruang Generasi Muda untuk memulai sebuah perubahan besar.

Seluruh rangkaian kegiatan Pemuda Bergerak diracik dari dua tema besar, yakni Semangat Sumpah Pemuda memperkuat Persatuan Pemuda Dalam Mewujudkan Kesetiakawanan Sosial sesama Anak Bangsa Yang Kreatif dan Mandiri Dalam Menyongsong Masa Depan Sumatera utara Yang Lebih Sejahtera dan Berkeadilan.

Hadi Windarto selaku Ketua Pelaksana Pemuda Bergerak menjelaskan, Kedua tema tadi diusung Pemuda Bergerak dengan harapan agar spirit Sumpah Pemuda benar-benar mampu memberikan dorongan atau motivasi kepada segenap generasi muda Sumatera Utara agar memiliki semangat untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan, serta bangkitnya Nasionalisme diantara sesama anak bangsa sehingga segenap pemuda memiliki solidaritas atau rasa kesetiakawanan social.

“Bersama semangat ini, diharapkan pemuda Sumatera Utara akan mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah dalam meraih masa depan Sumatera Utara yang lebih sejahtera dan berkeadilan,” tutup Hadi Windarto di dampingi oleh Panitia Penyelenggara Peringatan Sumpah Pemuda.



Close Ads X