Anak Muda Indonesia Pentaskan Karya Dunia! - Kompas.com

Anak Muda Indonesia Pentaskan Karya Dunia!

Kompas.com - 25/10/2018, 13:47 WIB
Ilustrasidok Teater Pandora Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com-- Teater Pandora kembali hadir dengan produksinya yang ke-8 dan yang ke-4 di tahun ini.

Mengambil tema keluarga dan mengangkat isu mental health problem, Pandora akan membawakan drama bertajuk Rumah Rahasia Perempuan, sebuah adaptasi dari naskah peraih The Pulitzer Prize tahun 2008, August: Osage County karya Tracy Letts, yang akan dipentaskan selama 3 hari pada 1-3 November 2018 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Pertama di Indonesia
Rumah Rahasia Perempuan bercerita tentang sebuah keluarga yang mengalami disfungsi karena ketiadaan seorang ayah (the absence of father). Cerita berpusat pada kehidupan lima orang perempuan dari 3 generasi dengan segala permasalahannya: Martha, sang ibu berusia 58 tahun dengan problem kejiwaan dan kecanduan obatnya; Diana, Lisa, dan Mia, anak-anak Martha dengan problem keluarga, asmara, dan karir mereka masing-masing; serta Arlen, remaja berusia 16 tahun yang mewakili generasi Millenial dengan problem pencarian jati diri dan pemberontakannya.

Martha, dalam kesendiriannya, hanya ditemani seorang pelayan bernama Anna, harus kembali bertemu dengan anak-anaknya yang telah lama pergi meninggalkan rumah. Namun pertemuan ini hanya dimungkinkan setelah mereka mendapat kabar bahwa Martin, ayah mereka—satu-satunya laki-laki dalam keluarga, menghilang. Namun pertemuan ini justru menguak berbagai rahasia dan masalah yang selama ini disembunyikan. Empat perempuan dewasa, penuh rahasia, berkumpul kembali di rumah masa kecil mereka, dihadapkan pada dua pilihan: bertahan dengan ibu mereka yang kacau; atau pergi meninggalkan rumah.
Ini adalah kali pertama naskah August: Osage County dipentaskan di panggung Indonesia. Hal ini terhitung sangat baru mengingat jarang sekali—bahkan mungkin tidak ada—kelompok teater di Indonesia yang membawakan naskah realis-modern di atas tahun 2000. Kemudian, lebih daripada itu, hal ini juga merupakan suatu ikhtiar dari Pandora untuk terus mengembangkan teater realis-adaptasi Indonesia to the next level.

Keluarga dan Mental Health Problem
Teater Pandora selalu berusaha untuk menyuguhkan sebuah tontotan yang berkualitas, segar, menarik, dan tentunya: relevan. Setelah sukses dengan Jelaga (adaptasi dari The Crucible karya Arthur Miller) sebagai kritik terhadap politik persekusi di Indonesia pada Januari lalu, Pandora kini ingin mengangkat isu keluarga dan mental health problem melalui pentas Rumah Rahasia Perempuan. Hal ini didasarkan pada concern yang mendalam tentang banyaknya orang—terutama anak muda—yang memiliki masalah dalam keluarga yang pada gilirannya dapat menyebabkan masalah kesehatan mental seperti depresi, rasa cemas berlebihan (anxiety), ataupun perasaan selalu sendiri (loneliness). Berbagai permasalahan ini, jika tidak ditangani dengan baik, dapat berujung pada perilaku menyimpang seperti kecaduan obat, alcoholism, hingga perilaku suicidal (bunuh diri).

“Dan parahnya lagi, banyak orang yang tidak tahu harus berbuat apa, atau harus bicara ke siapa untuk menyelesaikan masalah tersebut,” sutradara Yoga Mohamad menjelaskan. ”Kami menemukan bahwa banyak dari masalah kesehatan mental itu asalnya dari permasalahan keluarga. Dan dalam banyak keluarga, masalah ini tidak pernah dibahas secara terbuka. Akhirnya banyak dari mereka yang terlepas (detached) dari keluarga dan jadi orang yang pemurung atau lari ke hal-hal yang negatif. Banyak keluarga take it for granted bahwa keluarga mereka harmonis dan baik-baik saja, padahal kenyataannya tidak,” lanjutnya. Dalam hal ini, menurut Yoga, komunikasi dan keterbukaan dalam keluarga adalah kunci. “Kuncinya ada di komunikasi, keterbukaan, dan perasaan untuk saling memahami. Dan di Teater Pandora kami menjadikan proses akting sebagai terapi, dan ini sebenarnya baik buat orang-orang dengan permasalahan mental atau keluarga, karena di sini kita diajarkan untuk menjadi manusia yang empati, memaafkan, dan ikhlas.”

Pada akhirnya, melalui Rumah Rahasia Perempuan, Pandora ingin menyampaikan sebuah cerita keluarga yang dekat dengan kehidupan kita. Ia mengajak kita untuk melihat kembali makna keluarga dalam kehidupan kita. Segala pilihan sikap kita terhadap keluarga memang kembali kepada diri kita masing-masing. Namun satu hal yang boleh jadi pasti: keluarga kita mungkin tidak sempurna, tapi dia mungkin satu-satunya yang kita punya. Selain itu, pentas ini adalah statement bahwa kesehatan mental adalah sesuatu yang penting yang kadang diabaikan oleh masyarakat.

Breakthrough Teater Muda Indonesia

Ini adalah produksi terbesar yang pernah dikerjakan Pandora. Secara artistik, Rumah Rahasia Perempuan adalah sebuah kerja seni yang besar. Sebagai gambaran, set yang akan dibangun di atas panggung adalah sebuah rumah dua tingkat dengan total luas 108 meter persegi dan dilengkapi dengan electricity, perabotan dan furnitur sungguhan. Untuk kebutuhan artistik ini, Pandora membuat breakthrough dengan berkolaborasi dengan beberapa perusahaan lokal seperti Grrad untuk furnitur, Kandura untuk perabotan seperti piring dan gelas, serta Henrixa untuk tas. “Bahkan untuk kostum, kita juga kerja sama dengan Cotton Ink,” founder Pandora Maharani Megananda menjelaskan. “ Ini adalah terobosan kami dalam hal kerja sama dengan brand. Kami ingin membuktikan bahwa teater bisa in-line dengan kepentingan sponsor, bukan hanya minta sponsor tapi nggak jelas kontrapretasinya apa. Di sini kami memperlakukan brand sebagai partner, dan sebagai timbal baliknya, kami bikinkan mereka theaterical ads dan bantu pengembangan bisnis mereka,” lanjutnya.

Nanda, begitu sang founder biasa disapa, mengakui bahwa masih sulit untuk mencari sponsor atau impresario untuk sebuah produksi teater. Oleh karena itu, sebuah kelompok teater harus memutar otak dan membuat terobosan untuk bisa bekerja sama dengan sponsor agar ia bisa tetap berproduksi. Karena biar bagaimanapun, modal untuk produksi adalah hal yang penting dalam pola produksi teater modern.

Melalui pementasan ini Pandora ingin membuktikan kualitasnya sekali lagi supaya masyarakat melek bahwa anak muda Indonesia bisa membuat produksi teater dengan kualitas yang baik. Harapannya, teater bisa dijadikan pilihan rekreasi bagi masyarakat luas dan bisa bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti start up, perusahaan, ataupun pemerintah.

Saksikan pementasan Rumah Rahasia Perempuan pada 1-3 November di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki. Pembelian tiket dapat dilakukan melalui Loket.com. Untuk info, cek Instagram @teaterpandora.



Close Ads X