"Influencer" Digugat karena Langgar Kontrak Promosikan Kacamata Snapchat

Kompas.com - 03/11/2018, 12:27 WIB
Seorang peraga busana dan aktor, Luka Sabbat (20) melanggar kontrak karena tidak mempromosikan produk mitranya kepada jutaan pengikut Instagram. Instagram: Luka Sabbat, @lukasabbatSeorang peraga busana dan aktor, Luka Sabbat (20) melanggar kontrak karena tidak mempromosikan produk mitranya kepada jutaan pengikut Instagram.

KOMPAS.com - Aktor asal Amerika Serikat yang juga dikenal sebagai influencer produk, Luka Sabbat (20), digugat perusahaan yang menggunakan jasanya karena dianggap melanggar kontrak untuk mempromosikan suatu produk di Instagram kepada jutaan followers-nya.

Luka Sabbat dituduh melanggar kontrak 60.000 dollar AS atau sekitar Rp 897,18 juta untuk mempromosikan brand kacamata digital, Spectacles, yang dirilis Snapchat.

Pihak Snapchat, berdasarkan gugatan yang masuk ke Pengadilan Tinggi Manhattan pada 30 Oktober 2018, meminta Sabbat untuk mengembalikan uang 45.000 dollar AS atau sekitar Rp 673 juta, yang diterima Sabbat sebagai uang muka.

Adapun kacamata ini memiliki kamera di frame, yang berfungsi untuk meng-capture apa yang dilihat oleh si pemakai, terutama kepada pengguna Snapchat.

Dilansir dari NY Post, Public Relation Inc sebagai perwakilan Snapchat mengonfirmasi mengenai gugatan ini.

Awalnya, Sabbat diharuskan mempromosikan Spectacles kepada 1,4 juta pengikutnya di Instagram, sesuai dengan kesepakatan yang disetujui pada 15 September 2018.

Pemain serial televisi Black-ish ini diharuskan mempromosikan paling tidak satu post di akun Instagram feed miliknya, dan membuat tiga unggahan pada Instagram Story.

Secara khusus, aturan kontrak mengharuskan Sabbat mem-post dua dari tiga Instagram Story, saat mengikuti acara Fashion Week yang berlangsung September dan Oktober.

Satu post dalam Instagram Story harus diunggah saat mengikuti Fashion Week di New York. Sedangkan satu post di Instagram Story lainnya harus diunggah saat Sabbat mengikuti Fashion Week di Milan atau Paris.

Dua post di Instagram Story tersebut juga harus disertai tautan yang menggunakan "swipe up" di Instagram Story. Jika followers-nya Luka Sabbat men-swipe up di post tersebut, maka akan diarahkan ke situs Spectacles, yang juga menjual produk kacamata itu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X