Godzilla Berusia 64 Tahun, Ini 5 Fakta Uniknya...

Kompas.com - 03/11/2018, 16:12 WIB
Godzilla Warner Bros. PictureGodzilla

KOMPAS.com - Godzilla selama ini dikenal sebagai monster fiksi yang muncul dan menghancurkan kota. Dengan tubuh besar seperti dinosaurus, Godzilla menjadi ikon populer dalam film dan televisi.

Selain ukurannya yang besar, monster itu juga mengembuskan sinar panas radioaktif dari mulutnya. Godzilla menyerang kapal, meratakan seluruh kota dan permukiman warga.

Muncul kali pertama pada 3 November 1954 di Jepang, hingga sekarang Godzilla masih menjadi monster yang dikenal banyak orang.

Berikut fakta-fakta mengenai Godzilla:

1. Bernama Gojira

Gojira sendiri merupakan percampuran dua kata dari "Gorira" (Gorila yang diucapkan karena orang Jepang tak bisa melafalkan huruf L) dan "Kujira" yang berarti Paus.

Sebelum karakter itu mulai digunakan dalam film perdana, seorang kreator film bernama Eiji Tsuburaya menggunakan nama itu untuk merujuk pada seseorang pekerja di Studio Toho di Jepang.

Akhirnya, Tsuburaya menggunakan nama itu pada pada karakter monster yang tayang pada 3 November 1954.

Film ini menjadi sukses di Jepang. Setelah rilis di Amerika, namanya banyak dikenal dengan Godzilla.

2. Tayang perdana di Jepang

Banyak yang beranggapan monster ini populer berkat film Hollywood, Godzilla. Namun, film ini sebenarnya hasil karya dari sutradara film asal Jepang yang mulai tayang pada era 1950-an.

Selain menciptakan Godzilla, sutradara Tsuburaya juga terkenal dengan film serinya, Ultraman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X