Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penggemar Bikin "Teaser" Toy Story Bergaya "Augmented Reality"

Kompas.com - 16/11/2018, 14:17 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Studio Animasi Pixar telah merilis teaser film Toy Story 4 pada Senin (12/11/2018) lalu. Film ini rencananya tayang perdana pada 21 Juni 2019 serentak di seluruh dunia.

Toy Story 4 merupakan lanjutan trilogi film Toy Story. Film ini berkisah tentang Woody Sang Koboi, Buzz Lightyear, dan sekelompok mainan yang hidup saat tak ada manusia yang melihat.

Salah satu penggemar kisah Toy Story, Dimas Haryo Wirawan, membuat video yang terinspirasi teaser film Toy Story 4. Dimas membuat fan art dengan ilustrasi karakter Toy Story karyanya sendiri.

"Saya bikin teaser Toy Story 4 karena suka sama seri filmnya dari kecil, terus kemarin baru keluar (teaser-nya)," ujar Dimas saat dihubungi Kompas.com pada Jumat (16/11/2018).

Dalam video yang diunggah Dimas, ia juga menyertakan lagu "Both Sides Now" yang dinyanyikan Judy Collins.

Menurut Dimas, dia membuat video itu dengan menggunakan gambar manual di kertas. Setelah itu, diproses hingga jadi video animasi bergaya augmented reality.

"Prosesnya relatif mudah kok. Gambar manual pakai kertas dan drawing pen, setelah itu di-scan," ujar Dimas yang saat ini bekerja sebagai desainer interior di Jakarta.

Dia mengakui bahwa bagian yang paling merepotkan adalah saat menjadikan karya dalam kertas itu dalam bentuk augmented reality.

"Agak teknis pas masukin ke program augmented reality-nya. Pakai aplikasi Lens Studio-nya Snapchat," ujar Dimas.

Ia mengungkapkan, dalam proses pembuatan video teaser ini membutuhkan waktu tiga hari. Waktu itu dibutuhkan dari awal membuat sketsa hingga merekam video.

"Karena mengerjakannya di sela-sela kerjaan kantor," ujar Dimas.

Film favorit

Menurut dia, upaya pembuatan video ini ia jalani dengan senang lantaran sudah menunggu-nunggu kemunculan teaser dari film favoritnya itu.

Pemuda yang gemar mendesain ini, sebenarnya sudah memprediski akan muncul seri baru dari film Toy Story. Adapun, film pertama yang dibintangi Tom Hanks dan Tim Allen sebagai pengisi suara sudah ada sejak 1995. 

"Sudah tahu sih sebenarnya, karena sudah pernah baca kalau mau ada sekuelnya lagi. Setelah Toy Story 3 kan juga ada beberapa shot movie-nya," ujar Dimas.

Video berdurasi 31 detik ini menampilkan karakter Woody, Buzz Lightyear, Jessie, Mr Potato Head, Mrs Potato Head, Rex, Hamm, Alien, dan Slinky Dog.

Namun, dalam video teaser garapannya, Dimas tidak menambahkan karakter baru, Forky, yang nantinya akan muncul dalam Toy Story 4.

Dimas mengatakan, ia tidak menambahkan karakter Forky karena ingin mengenang karakter-karakter lama saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com