Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan 13 Twit, Taylor Swift Jadi Orang Paling Berpengaruh di Twitter

Kompas.com - 30/11/2018, 16:26 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

Sumber EOnline

KOMPAS.com – Penyanyi asal Amerika Serikat, Taylor Swift, baru saja dinobatkan menjadi orang yang paling berpengaruh di Twitter sepanjang 2018 oleh perusahaan pemantauan media sosial, Brandwatch.

Perusahaan ini merilis daftar tahunan tentang perempuan dan laki-laki paling berpengaruh di Twitter pekan ini dan Swift duduk di posisi teratas. Sementara Liam Payne mengambil memuncaki daftar untuk para laki-laki.  

Namun, Swift mengalahkan skor Payne yang berjumlah 97 dan membuatnya menempati singgasana orang yang paling berpengaruh di Twitter sepanjang 2018.

Uniknya, Swift hanya pernah mem-posting 13 twit selama tahun ini. Dia diketahui lebih aktif di platform media sosial seperti Instagram dan Tumblr.

Lalu bagaimana ia akhirnya bisa terpilih menjadi pengguna Twitter yang paling berpengaruh?

"Akun-akun itu (yang masuk daftar) diberi peringkat sesuai dengan pemilihan kriteria yang ditambahkan bersama-sama untuk menciptakan skor mereka," kata pihak Brandwatch menjelaskan tentang penelitian mereka.
 
"Kami mengukur seberapa besar pengaruh suatu akun dari waktu ke waktu, berdasarkan pada tingkat keterlibatan asli yang mereka buat. Banyaknya pengikut atau follower, retweet, dan balasan juga membantu. Semakin berpengaruh orang-orang yang terlibat dengan mereka, semakin baik skornya," tambah Brandwatch.

Sebagai informasi, Swift memiliki 83,1 juta pengikut di Twitter, juga me-retweet twit teman-temannya, yakni Camila Cabello dan Charli XCX tahun ini, sama populernya dengan Rolling Stone.

Penyanyi "End Game" ini juga menyukai banyak twit dari penggemar dan akun lain selama setahun terakhir.

Selain Swift dan Payne, nama-nama seperti Katy Perry, Kim Kardashian, dan Demi Lovato juga menduduki puncak daftar dengan skor influencer 96.

Presiden AS Donald Trump juga menerima skor 96, sementara Selena Gomez, Ellen DeGeneres, Shakira, Jennifer Lopez, Justin Bieber, Barack Obama, Cristiano Ronaldo, dan Niall Horan mendapat skor 95.

Baca juga: Taylor Swift dan Idris Elba Akan Bintangi Film Musikal Cats

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com