Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hina Peserta Miss Universe yang Tak Berbahasa Inggris, Miss USA Dikecam

Kompas.com - 14/12/2018, 12:47 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Peserta Miss Universe 2018 dari Amerika Serikat, Sarah Rose Summers, dikecam warganet karena telah menghina dua peserta Miss Universe 2018 lain yang tak mahir berbahasa Inggris, dalam video yang viral di dunia maya.

Video yang dinilai berisi penghinaan tersebut pada awalnya diunggah di akun Instagram Miss Colombia, Valeria Morales. Saat itu, ketiga peserta Miss Universe 2018 ini sedang mengikuti salah satu acara yang berlangsung di Bangkok, Thailand.

Valerie Morales telah menghapus video itu dari akun Instagram miliknya. Namun, tetap saja video itu viral dan beredar, salah satunya diunggah oleh akun @grandslambeautyalliance pada Kamis (13/12/2018).

Dalam video itu, Summers bersama Morales dan Miss Australia Francesa Hung meledek Miss Vietnam H'hen Nie dan Miss Cambodia (Kamboja) Rern Sinat yang tidak mampu menjawab pertanyaan dalam bahasa Inggris.

"Dia sangat menggemaskan, berpura-pura tahu banyak tentang bahasa Inggris. Dan kamu memberinya satu pertanyaan padanya setelah berbincang banyak, dan dia hanya tertawa...,” kata Summer sambil menirukan gaya tertawa Miss Vietnam, dalam video tersebut.

Baca juga: Unik, Miss Universe Singapore Memakai Gaun Perdamaian Korea Utara-AS

Kedua temannya pun tampak mengiyakan apa yang disampaikan oleh Summers dengan menganggukkan kepala dan ikut menertawakannya.

Tak berhenti di situ, Summers juga mempertanyakan Miss Cambodia yang tetap menggunakan bahasa nasionalnya, bukan bahasa Inggris.

“Miss Kamboja di sini dan tidak berbicara bahasa Inggris. Tidak ada seorang pun di sini yang berbicara menggunakan bahasanya sendiri. Bisa kamu bayangkan?” kata Summers.

Ia menutup pernyataannya dengan, "Poor Cambodia" atau "Kasihan Kamboja".

Dalam sekejap, video tersebut menyebar di media sosial dan Summers mendapat banyak kecaman dari netizen.

"Sangat arogan, kecantikanmu hilang karena perilaku buruk itu, khususnya Miss Amerika yang memiliki bahasa Inggris sebagai bahasa aslinya. Saya membayangkan jika dia berbicara bahasa lain juga," tulis akun @grandslambeautyalliance.

"Memalukan," tulis akun @misslorie.it yang mengomentari video tersebut.

Dalam komentar lain, banyak juga yang menyarankan agar tiga orang itu dikualifikasi dari kontes ratu kecantikan dunia itu.

"Saya sangat kecewa dengan Miss Amerika. Dia berbicara tentang pemberdayaan perempuan, tapi dia sendiri tidak paham apa artinya. Komentar menjijikkanmu tidak sejalan dengan nilai-nilai Organisasi Miss Universe. Merisak sesama perempuan itu tidak bisa diterima dan saya malu kamu mewakili negara kami. Kalian semua sebaiknya didiskualifikasi," tulis akun @aisacorralesdesigns.

Miss USA minta maaf

Sarah Rose Summers telah meminta maaf atas videonya bersama Miss Australia dan Miss Colombia yang menertawakan ketidakfasihan Miss Vietnam dan Miss Cambodia.

Permintaan maaf itu disampaikan melalui sebuah unggahan foto di akun pribadi Instagram Summers, @sarahrosesummers.

Foto itu menggambarkan keakraban antar-peserta Miss Universe 2018 dari berbagai negara dengan latar belakang yang berbeda.

Dalam keterangan foto, Summers menuliskan permintaan maafnya, karena ia sadar telah mengatakan sesuatu yang bisa dipersepsikan sebagai tindakan yang kurang menghargai sesama.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com