Lemas, Dian Pramana Poetra Digendong ke Kursi Pesawat

Kompas.com - 27/12/2018, 14:16 WIB
Deddy Dhukun (kiri) dan Dian Pramana Poetra (kanan) tampil di Jakarta International Java Jazz Festival, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2015) malam. KOMPAS.com/IRFAN MAULLANADeddy Dhukun (kiri) dan Dian Pramana Poetra (kanan) tampil di Jakarta International Java Jazz Festival, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2015) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi dan pencipta lagu Deddy Dhukun mengungkapkan bahwa rekannya Dian Pramana Poetra (57) sampai digendong ke kursi pesawat karena tiba-tiba lemas saat berada di bandara.

Dian yang didiagnosis sementara mengidap kanker darah stadium empat ketika itu, Minggu (23/12/2018), sedang bersiap pulang ke Jakarta dari Banyuwangi, Jawa Timur.

"Di airport tambah lemas dia, enggak bisa jalan, pakai kursi roda. Terus digendong sama orang airport ke kursi pesawat. Itu sebelumnya diperiksa sama dokter dulu layak pulang atau enggak. Dokter bilang enggak apa-apa (naik pesawat pulang)," ujar Deddy kepada Kompas.com via telepon, Kamis (27/12/2018).

Dua hari sebelumnya, tepatnya Jumat (21/12/2018), ketika akan berangkat ke Banyuwangi, tiba-tiba Dian mengeluh lemas. Punggung dan perutnya sakit, selain itu ia juga sesak napas.

Deddy dan rekannya yang lain kemudian meminta kursi roda dari pihak bandara. Saat didudukkan, menurut Deddy, Dian tak bisa membuka matanya karena terlalu lemas.   

"Kami panggil orang-orang airport. Kami cek ke klinik bandara. Periksa darahnya sama kondisinya, saran dari dokter situ, 'oke enggak apa-apa berangkat'. Saya khawatir Om Dian berangkat karena kondisinya lemas kan. Tapi akhirnya dia tetap ngotot berangkat, mau show," ucap Deddy.

Akhirnya mereka tetap berangkat ke Banyuwangi. Saat akan naik pesawat, Dian harus dipapah dan diangkat agar bisa duduk di kursi pesawat.

Selama perjalanan, lanjut Deddy, Dian terus tertidur dan tak berbicara sama sekali. Sampai di Banyuwangi, pihak bandara mengantarkan Dian menggunakan kendaraan khusus sampai mobil jemputan mereka tiba.

"Begitu sampai hotel, kami panggil dokter. Dokter bilang ini lambungnya, terus kakinya agak bengkak. Terus kayaknya ada masalah ginjal juga dan sebagainya. Dikasih obat sama dokter, agak lumayan sudah bisa ngomong, makan sedikit-sedikit, tapi posisi masih di tempat tidur," ujar Deddy.

"Malamnya dia gelisah enggak bisa tidur, sakit punggungnya. Kami jagain kan. Sampai sore, dia enggak bisa ngapa-ngapain. Akhirnya show-nya diwakilin sama saya. Selesai itu, besoknya kami pulang," tambahnya.

Saat kembali ke Jakarta dan dibawa ke rumah sakit, barulah diketahui bahwa Dian mengidap kanker darah menurut diagnosis sementara dari dokter.

Baca juga: Keluarga Kaget Dengar Diagnosa Dokter soal Penyakit Dian Pramana Poetra

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X