Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Beyonce dan Jay-Z Tingkatkan Jumlah Pengunjung Museum Louvre

Kompas.com - 04/01/2019, 18:45 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

Sumber Reuters

PARIS, KOMPAS.com - Video musik "Apes**t" milik The Carters tak hanya menempatkan lagu itu menjadi nominasi Video Musik Terbaik dalam Grammy Awards ke-61.

Ternyata, video dari lagu yang dibawakan suami-istri, Jay-Z dan Beyonce, ini memberikan dampak positif terhadap jumlah pengunjung Louvre, museum terkenal di Paris, Perancis.

Dilansir dari laman Reuters, tercatat jumlah pengunjung Louvre mencapai 10,2 juta orang sepanjang 2018. Ini merupakan angka yang sangat banyak, mengingat video dari lagu yang juga diproduseri Pharell Williams ini baru rilis pada 16 Juni 2018.

Wisatawan yang datang ke Kota Paris, Perancis memang sempat mengalami penurunan sejak peristiwa serangan teror pada November 2015.

Namun, jumlah wisatawan kembali meningkat tahun ini. Adapun, jumlah pengunjung Louvre mengalami kenaikan 25 persen tahun ini.

Baca juga: Beyonce dan Jay Z Ikuti Pola Hidup Vegan, Apa Manfaatnya?

Video musik Beyonce dan Jay-Z APES**T bantu pihak Museum Louvre naikan pengunjung pada tahun 2018.YouTube: Beyonce Video musik Beyonce dan Jay-Z APES**T bantu pihak Museum Louvre naikan pengunjung pada tahun 2018.
Direktur Museum Louvre, Jean-Luc Martinez mengaku sangat senang atas pengaruh video musik "Apes**t".

Dalam video itu, Jay-Z dan Beyonce, yang kini memulai proyek bersama dalam The Carters, memang mengambil gambar sejumlah koleksi terbaik Louvre. Koleksi itu antara lain Mona Lisa dan Venus de Milo.

"Saya sangat senang mengetahui bahwa artis Amerika tertarik pada museum arkeologi dan seni kuno," ujar Jean-Luc Martinez kepada Reuters.

Adapun, rekor jumlah pengunjung ke Louvre sebelumnya tercetak pada 2012. Saat itu, ada 9,7 juta orang datang. Ketika itu, Louvre memang baru saja membuka bagian Seni Islam dan menggelar pameran lukisan karya Leonardo da Vinci dan Raphael.

Perlu diketahui, sebagian besar pengunjung Louvre tahun ini adalah wisatawan asing yang terdiri dari 1,5 juta orang Amerika Serikat dan 1 juta wisatawan China.

Pada 2018, French Center for National Monuments mencatat ada 10,2 juta wisatawan yang berkunjung ke 100 lokasi yang dikelola lembaga itu.

Sejumlah peristiwa kerusuhan yang terjadi di Paris beberapa hari lalu juga diperkirakan tidak berpengaruh terhadap jumlah wisatawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com