Format Baru, Oscar 2019 Dihelat Tanpa Host

Kompas.com - 06/02/2019, 09:47 WIB
Sebuah patung Piala Oscar dipajang menjelang penyelenggaraan Academy Awards ke-89 di Dolby Theatre, Los Angeles, California, pada Minggu (4/3/2018). AFP PHOTO / ANGELA WEISSSebuah patung Piala Oscar dipajang menjelang penyelenggaraan Academy Awards ke-89 di Dolby Theatre, Los Angeles, California, pada Minggu (4/3/2018).
Editor Kistyarini

KOMPAS.com - Untuk kali pertama dalam 30 tahun, perhelatan Academy Awards atau Oscar tidak memiliki host atau pembawa acara.

Mengutip juru bicara Academy Awards yang juga presiden ABC Entertainment Karey Burke, NPR melaporkan, Selasa (5/2/2019), keputusan itu diambil dengan hati-hati oleh para produser acara tersebut.

Burke mengatakan malam penghargaan yang akan digelar pada 24 Februari 2019 itu disiarkan langsung selama 3 jam.

Pembawa acara Oscar 2019 menjadi polemik setelah komedian Kevin Hart mengundurkan diri beberapa jam setelah diumumkan sebagai host pada Desember 2018.

Keputusan penyelenggara Oscar 2019 memilih Hart sebagai host mendapat kecaman. Sejumlah pihak memunculkan lagi twit dan lawakan Hart yang bernada homofobia.

Setelah meminta maaf, Kevin Hart memutuskan untuk mundur dari posisi host Oscar 2019.

"Saya memilih untuk mundur sebagai pembawa acara Oscar tahun ini.. karena saya tidak ingin mengganggu acara yang seharusnya dirayakan oleh banyak artis berbakat," kata Hart.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah pengunduran diri Hart, beberapa nama disodorkan untuk mengisi posisinya. Beberapa nama yang disodorkan antara lain Whoopi Goldberg dan bintang film Crazy Rich Asians Awkwafina.

Pada Januari lalu, Variety melaporkan bahwa penyelenggara Oscars akan menjajal format tanpa host. Peran pembawa acara digantikan oleh sejumlah presenter.

Ini bukan kali pertama malam perhelatan Academy Awards berlangsung tanpa host. Sebelumnya, Academy Awards ke-61 pada Maret 1989 juga melakukan format serupa.

Baca juga: Simak Daftar Nominasi Piala Oscar 2019

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ABCNews
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.