Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SM Entertainment Buka Kantor Perwakilan di Indonesia, Apa Saja Isinya?

Kompas.com - 08/02/2019, 18:10 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu agensi hiburan terbesar asal Korea Selatan, SM Entertainment, akhirnya membuka kantor perwakilan di Indonesia.

Kompas.com pada Jumat (8/2/2019), menyambangi kantor SM Entertainment Indonesia yang berada di Lantai 5 Gedung fX Sudirman, Jakarta Pusat.

Saat melihat dari depan kantor SM Entertainment Indonesia, pemandangan serba pink atau merah muda tampak menghiasi area kantor tersebut.

Kantor SM Entertainment Indonesia yang berada di Lantai 5 fx Sudirman, Jakarta Pusat.Tri Susanto Setiawan Kantor SM Entertainment Indonesia yang berada di Lantai 5 fx Sudirman, Jakarta Pusat.

Begitu masuk, pengunjung langsung dimanjakan dengan desain nyaman yang terkesan Instagramable. Seorang resepsionis pun menyapa dengan hangat kedatangan para pengunjung yang silih berganti untuk berswafoto.

Di area utama, berbagai foto, album, poster, dan merchandise artis K-Pop Super Junior, EXO, Red Velvet, Girls Generation, SHINee, f(x), NCT, TVXQ, dan lain-lain yang dinaungi SM Entertainment terpajang dengan tersusun rapi, namun tak boleh disentuh.

Terdapat pula ruangan AR Photobooth dan Audition Booth. Namun, dua ruangan tersebut masih kosong tanpa barang-barang. Sebagian area bahkan masih dalam proses penataan.

Sejauh ini, dua ruangan yang berada di area utama diperbolehkan untuk dikunjungi pengunjung secara bebas. Sementara satu ruangan khusus hanya untuk para pegawai SM Entertainment Indonesia.

Kantor SM Entertainment Indonesia yang berada di Lantai 5 fx Sudirman, Jakarta Pusat.Kompas.com/Tri Susanto Setiawan Kantor SM Entertainment Indonesia yang berada di Lantai 5 fx Sudirman, Jakarta Pusat.

Karena fungsi sesungguhnyanya adalah kantor, tempat ini hanya buka pada Senin hingga Jumat sejak pukul 10.00 WIB sampai 19.00 WIB.

Seorang staf bernama Rubina Winnie mengatakan, tempat ini hanya memiliki fungsi sebagai kantor perwakilan SM Entertainment di Indonesia, bukan SM Store ataupun lainnya.

Rubina berujar bahwa sejak Senin (4/2/2019), kantor SM Entertainment Indonesia ini sudah mulai buka dan beroperasi. Tidak ada pembukaan serimonial secara resmi.

"Kantor ini representatif dari Indonesia. Lebih ke kantor perwakilan. Jadi kalau ada coorporate atau stasiun TV yang mau pakai bintang kami, mereka kerja samanya ke sini. Jadi kami yang menyiapkan," kata Rubina kepada Kompas.com.

Rubina mengatakan bahwa kantor di Jakarta baru mempekerjakan 10 orang yang berasal dari Indonesia dan Korea Selatan. Untuk saat ini, kantor di Jakarta dipimpin oleh CEO Han Kyung Jin dari Korea Selatan.

Terkait dengan koleksi berupa merchandise, poster, foto, dan sebagainya, kata Rubina, barang-barang tersebut masih bersifat sementara. Barang-barang tersebut merupakan koleksi pribadi dari Han Kyung Jin.

"Untuk merchandise dan lain-lainnya masih dalam perjalanan dari Korea. Yang sekarang ini, sementara pakai koleksi pribadi CEO. Yang dari Korea nanti yang akan jadi display," ujarnya.

Rubina menjelaskan fungsi dua ruangan yang bebas dikunjungi oleh pengujung. Untuk Audition Booth, kata Rubina, tempat itu akan menjadi ruangan karaoke dan juga audisi yang akan dilakukan oleh SM Entertainment jika dibutuhkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com