Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pameran Kostum Dilan 1991 dan Pengabdi Setan di Hari Film Nasional 2019

Kompas.com - 27/03/2019, 22:49 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Perfilman Indonesia (BFI) bekerja sama dengan Pusbang Film menyelenggarakan Film Arti Exhibition dalam rangka Hari Film Nasional ke-69.

Acara tersebut digelar di Atrium 23 Pasir Kaliki Shopping Centre, Bandung, Jawa Barat, mulai 27 Maret sampai 31 Maret 2019.

Bertemakan Film Indonesia Keren, acara tersebut menghadirkan pameran kostum film-film Indonesia. Ada tujuh film yang kostumnya dipamerkan dalam acara tersebut.

Ketujuhnya adalah Dilam 1991, Warkop DKI Reborn, Pengabdi Setan, Soekarno, Sultan Agung, Video Pembuka Asian Games (Jokowi Motor Terbang), dan Satria Dewa Gatot Kaca.

Baca juga: Harapan dan Optimisme Sineas Indonesia di Hari Film Nasional

Penggagas sekaligus Creative Director Film Art Exhibition, Celerina Judisari, mengungkapkan bahwa para perancang kostum perlu juga diapresiasi. Sebab masyarakat selama ini hanya mengenal profesi produser, sutradara, kameramen, editor, serta aktornya.

"Para desainer kostum film ini adalah para orang cerdas yang memiliki kemampuan mumpuni untuk menerjemahkan karakter pengguna kostum berdasarkan skenario," ujar Celerina dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (27/3/2019).

"Mereka juga memiliki kemampuan tinggi untuk menelaah sejarah peradaban ataupun berimajinasi tentang masa depan. Oleh karena mereka dapat dikatakan sebagai orang-orang keren yang menghasilkan film keren," lanjutnya.

Ketua Umum BFI, Chand Parwez Servia, mengungkapkan bahwa perkembangan film Indonesia menunjukkan data menggembirakan.

Selain banyaknya sineas Indonesia diapresiasi di mata internasional, peningkatan jumlah penonton dari tahun ke tahun cukup membanggakan.

Dalam acara ini, selain memamerkan kostum dari tujuh film, akan ada pula menonton bareng film Sultan Agung yang dibintangi oleh artis peran Ario Bayu.

Baca juga: Hari Film Nasional, Anang Ingatkan Janji Pemerintah yang Belum Terealisasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com