Galang Dana untuk Perempuan Hamil dalam Penjara

Kompas.com - 01/04/2019, 06:10 WIB
ilustrasi Lamtiurilustrasi
Penulis Jodhi Yudono
|

JAKARTA, KOMPAS.com--Tiga tahun terakhir diperkirakan sedikitnya sekitar 300 orang per tahun dari total jumlah narapidana perempuan di Indonesia dalam keadaan hamil dan terpaksa melahirkan dan membesarkan anak di balik jeruji penjara.

Soroptimist Indonesia of Kemang bekerjasama dengan Lam Horas Production, Apiary Coworking Space dan Infoscreening membuat sebuah pemutaran teaser film dokumenter “Invisible Hopes” dan talkshow untuk melihat seperti apakah kehidupan para perempuan Ibu dalam penjara di Indonesia.

Pemutaran spesial film Lamtiur (Brighter) yang disutradarai Tiar Simorangkir juga akan dilakukan dalam rangka membantu pendanaan penyelesaian film Invisible Hopes. Invisible Hopes mengungkapkan sebuah kisah yang belum pernah diangkat di Indonesia yaitu kondisi memprihatinkan para narapidana hamil dan anak-anak yang terpaksa lahir dan menjadi korban terselubung dalam penjara.

Adalah sebuah fakta, bahwa anak-anak dalam kandungan itu turut merasai derita yang tak seharusnya mereka pikul di dalam penjara. Untuk kepedulian mereka itulah, diselenggarakan aara bertajuk "Motherhood Behind Bars, sebuah skrining film dan talkshow yang menghadirkan beberapa narasumber.

Mereka adalah; Ainun Chomsum (foundet @akademiberbagi), Elke Koieczny Hardjosoekamto (Soroptimist International of Kemang), Tiar Simorangkir (sutradara film), serta F (seorang ibu yang melahirkan puteranya di penjara). Acara ini juga dilengkapi oleh nyanyian puisi Jodhi Yudono yang akan bercerita tentang para narapidana yang berbadan dua.

Acara ini akan berlangsung di Menara Global, lantai 15, Jalan Gatot Subroto Kav. 27, Jakarta Selatan, pada Sabtu 13 April 2019, pukul 14.00 - 16.00 WIB.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X