Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Counter Attack di Balai Soedjatmoko

Kompas.com - 08/05/2019, 22:55 WIB
Jodhi Yudono

Penulis

SURAKARTA, KOMPAS.com--Counter Attack! Menjadi sebuah pilihan dalam judul pameran yang diselenggarakan di Balai Soedjatmoko pada 3 - 9 Mei 2019.

Counter Attack dapat juga disebut dengan serangan balik yang artinya serangan atau perbuatan menyerang (menyerbu) dan balik sama dengan serangan yang dilakukan oleh pemain terhadap lawannya sebelum lawannya menyelesaikan serangannya.

Sehingga poin dari arti kata counter attack adalah respon yang dilakukan atas serangan lawan sebelum lawan menyelesaikan serangan, dan tentu saja maksud dari tema yang diusung dalam pameran ini bukan untuk menyerang lawan terhadap musuh didalam sebuah peperangan.

Counter attack! Menjadi sebuah metafora kalimat yang dipakai untuk menunjukkan sebuah eksistensi dari tiap-tiap perupa yang sekian lama singgah, berdiskusi, dan bergabung di dalam komunitas seni LED studios dengan menunjukkan kemampuan berkarya masing-masing untuk ditampilkan di hadapan publik seni rupa atas nama sebuah komunitas seni rupa.

Tentu saja dalam hal ini tidak ada batasan untuk karya yang mereka tampilkan, serangan yang dimaksudkan dalam hal ini adalah untuk memberikan kejutan kepada publik seni rupa tentang wacana dalam kerja seni yang dilakukan tiap perupa dengan proses kreatif mereka masing-masing sebagai seniman individu yang kemudian beralih menjadi satu manifesto bersama dalam bentuk pameran atas nama komunitas, capaian yang ingin diraih tentu saja adalah kemenangan dengan cara mendapatkan eksistensi karya dan pengakuan proses kesenian tiap-tiap perupa dihadapan publik terhadap pelbagai isu pesan yang diangkat dalam wilayah sosial, politik, estetik maupun artistik didalam karya masing-masing perupa yang diwadahi dalam komunitas LED Studios.

Dan yang paling penting dalam hal ini semua adalah perupa yang tergabung dalam komunitas LED studios adalah perupa yang bekerja dan tinggal di Surakarta, walaupun pada akhirnya tidak menjadi begitu penting tentang keberadaan seniman dimana ia tinggal, tetapi  sekali lagi dalam tiap manifesto yang disampaikan ketika LED Studios membuat sebuah event kesenian di kota Surakarta selalu mempunyai harapan bahwa solo sebagai kota yang mempunyai institusi seni dan budaya seni visual yang kuat juga dapat menjadi bagian yang penting dalam proses kerja kreatif seni rupa dalam tingkat global.

A Visual Art Exhibition
LED Studio Project
Counter Attack!
Pembukaan Pameran:
Jumat, 3 Mei 2019  | Pukul 19.30 WIB
Dibuka oleh : Darmawan Saputra
Performing Art : Sipaningkah – Musik : Ega Fausta
Diramaikan : The Mudub
Pameran Berlangsung :   
4 – 9 Mei 2019 | Pukul 09.30 – 21.30 WIB

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com