Kondisi Terkini Putri Denada Setelah Setahun Jalani Kemoterapi di Singapura

Kompas.com - 18/06/2019, 08:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Setahun berlalu sejak kali pertama publik mengetahui bahwa putri semata wayang penyanyi Denada, Shakira Aurum (6), mengidap kanker darah atau leukemia.

Kini, Denada mengungkap kondisi kesehatan terkini putrinya yang dirawat di sebuah rumah sakit di Singapura.

"Shakira sekarang sudah masuk ke masa maintainance, suatu masa di mana dia sudah melewati masa kemoterapi intens," kata Denada dalam video berjudul "Bisik-bisik Tetangga Eksklusif Singapore: Kondisi Terkini Shakira, Denada Punya Rencana Ini!" di kanal YouTube MOP Channel, seperti dikutip Kompas.com, Selasa (18/6/2019).

Ia menjelaskan bahwa leukimia yang menyerang putrinya adalah Acute lymphocytic leukemia (ALL), tipe leukemia yang umum ditemukan pada anak-anak, di mana pengobatan kemoterapi harus dilakukan selama dua sampai tiga tahun.

Karena disebut intens, kemoterapi itu dijalani oleh Shakira hampir setiap hari.

"Selama enam bulan pertama ada yang namanya kemoterapi intens. Shakira kebetulan badannya belum bisa tahan kemo. Jadi, seharusnya enam bulan dia selesaikan dalam waktu hampir satu tahun," ucap Denada.

Masuk ke masa maintainance, lanjutnya, tidak serta-merta menghentikan proses kemoterapi. Shakira tetap harus menjalani pengobatan tersebut, tetapi dengan intensitas yang lebih jarang dibandingkan sebelumnya.

Baca juga: Tangis Rindu Shakira kepada Denada

"Harus tetap kondisinya dijaga, belum boleh ke tempat umum, belum boleh sekolah," kata Denada.

Namun, sejak masa maintainance itu, Shakira diperbolehkan masuk ke children center tempat ia dapat berinteraksi dengan pasien anak-anak lain di satu ruangan.

"Yang jaga ada nurse yang sudah sangat senior, berpengalaman dengan lingkungan yang dikontrol. Dalam arti kata semuanya steril. Mereka pakai filter udara. Dia dikumpulkan dengan anak-anak lain yang juga menjalani kemoterapi, sama-sama memiliki kelemahan sistem imun tubuh. Jadi, dia ngerasa tidak sendiri. Sebelum masuk, diperiksa dulu suhu tubuh, pilek atau enggak," ucap Denada.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.