Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raditya Dika Ragukan Kebenaran Postingan Alumni UI Protes Gaji Rp 8 Juta

Kompas.com - 26/07/2019, 17:11 WIB
Kurnia Sari Aziza

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Komika Raditya Dika angkat bicara mengenai viralnya postingan fresh graduate alumni Universitas Indonesia (UI) yang menolak digaji Rp 8 juta per bulan. 

Raditya Dika merupakan alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (UI). 

"Pertama, kita enggak tahu darimana sumber insta story ini ya. Jangan-jangan juga orang iseng terus bikin insta story dan akhirnya disebarin, apalagi namanya kan disensor tuh," kata Raditya Dika dalam videonya yang diunggah dalam akun YouTube pribadinya berjudul "GAJI LULUSAN UNIVERSITAS INDONESIA 8 JUTA?, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (26/7/2019). 

Baca juga: Kata Dian Sastro soal Lulusan UI: Gaji Pertama Gue di Bawah Rp 8 Juta

"Seperti banyak hal-hal viral di dunia maya, di internet belakangan-belakangan ini, baru akhirnya kita tahu kalau itu hoaks," ujarnya. 

Ia mengatakan, masyarakat harus mewaspadai hal ini. Sebab, insta story tersebut tak jelas asal usulnya. 

"Jadi gue rasa kita juga harus bisa menjaga semacam kecurigaan, jangan-jangan ini enggak benar, ini bukan orang UI asli, bukan yang benar-benar mau melamar kerja dan kejadiannya enggak seperti yang di insta story, karena kita enggak tahu sumbernya," ujar Raditya Dika.

Baca juga: Fakta-fakta di Balik Kekecewaan Alumni UI Dapat Gaji Rp 8 juta

Namun, jika postingan tersebut benar, Raditya menyebut caranya salah.

Menurut dia, wajar jika seseorang meminta gaji yang sesuai dengan kemampuannya.

Namun, harus pula disampaikan dengan benar dan tanpa merendahkan pihak lainnya.

"Ini contoh bahwa yang kita omongkan bisa saja benar, tetapi cara ngomongnya yang salah. Buat gue, kalau lo merasa lulusan UI atau luar negeri, interview tidak sesuai gaji yang ditawarkan, enggak apa-apa untuk bilang tidak, terima kasih, dan pulang. Enggak perlu jelek-jelekin perusahaan atau universitas lain," kata Raditya Dika.

Baca juga: Viral Fresh Graduate Tolak Gaji Rp 8 juta, Ini Besar Gaji Alumni UI

Sebelumnya, viral di media sosial mengenai postingan dari seseorang yang mengaku lulusan baru atau fresh graduate Universitas Indonesia (UI).

Dalam postingan tersebut, fresh graduate itu melontarkan kekecewaan karena dapat tawaran gaji Rp 8 juta. dan ia menolaknya.

Hal itu ia kemukakan lewat postingan dengan nama akun Twitter @WidasSatyo, dari seseorang yang tidak diketahui identitasnya menulis postingan di Insta Story.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com