Raditya Dika Ragukan Kebenaran Postingan Alumni UI Protes Gaji Rp 8 Juta

Kompas.com - 26/07/2019, 17:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komika Raditya Dika angkat bicara mengenai viralnya postingan fresh graduate alumni Universitas Indonesia (UI) yang menolak digaji Rp 8 juta per bulan. 

Raditya Dika merupakan alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (UI). 

"Pertama, kita enggak tahu darimana sumber insta story ini ya. Jangan-jangan juga orang iseng terus bikin insta story dan akhirnya disebarin, apalagi namanya kan disensor tuh," kata Raditya Dika dalam videonya yang diunggah dalam akun YouTube pribadinya berjudul "GAJI LULUSAN UNIVERSITAS INDONESIA 8 JUTA?, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (26/7/2019). 

Baca juga: Kata Dian Sastro soal Lulusan UI: Gaji Pertama Gue di Bawah Rp 8 Juta

"Seperti banyak hal-hal viral di dunia maya, di internet belakangan-belakangan ini, baru akhirnya kita tahu kalau itu hoaks," ujarnya. 

Ia mengatakan, masyarakat harus mewaspadai hal ini. Sebab, insta story tersebut tak jelas asal usulnya. 

"Jadi gue rasa kita juga harus bisa menjaga semacam kecurigaan, jangan-jangan ini enggak benar, ini bukan orang UI asli, bukan yang benar-benar mau melamar kerja dan kejadiannya enggak seperti yang di insta story, karena kita enggak tahu sumbernya," ujar Raditya Dika.

Baca juga: Fakta-fakta di Balik Kekecewaan Alumni UI Dapat Gaji Rp 8 juta

Namun, jika postingan tersebut benar, Raditya menyebut caranya salah.

Menurut dia, wajar jika seseorang meminta gaji yang sesuai dengan kemampuannya.

Namun, harus pula disampaikan dengan benar dan tanpa merendahkan pihak lainnya.

"Ini contoh bahwa yang kita omongkan bisa saja benar, tetapi cara ngomongnya yang salah. Buat gue, kalau lo merasa lulusan UI atau luar negeri, interview tidak sesuai gaji yang ditawarkan, enggak apa-apa untuk bilang tidak, terima kasih, dan pulang. Enggak perlu jelek-jelekin perusahaan atau universitas lain," kata Raditya Dika.

Baca juga: Viral Fresh Graduate Tolak Gaji Rp 8 juta, Ini Besar Gaji Alumni UI

Sebelumnya, viral di media sosial mengenai postingan dari seseorang yang mengaku lulusan baru atau fresh graduate Universitas Indonesia (UI).

Dalam postingan tersebut, fresh graduate itu melontarkan kekecewaan karena dapat tawaran gaji Rp 8 juta. dan ia menolaknya.

Hal itu ia kemukakan lewat postingan dengan nama akun Twitter @WidasSatyo, dari seseorang yang tidak diketahui identitasnya menulis postingan di Insta Story.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.