Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciputra Artpreneur Pameran Karya Perupa Berkebutuhan Khusus

Kompas.com - 07/08/2019, 12:57 WIB
Jodhi Yudono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com--Ciputra Artpreneur dan Komunitas Kapal Cinta meggelar pameran seni berjudul "Outsider Artpreneur" pada 27 Agustus hingga 8 September 2019.

Mengangkat tema "Pasung Kapal Lepas", pameran ini diikuti oleh sembilan perupa berkebutuhan khusus yang akan mebampilkan 100 karya seni yang dikuratori oleh Jean Couteau.

Serangkaian kegiatan telah disiapkan, antara lain; workshop dengan pendamping perupa Hanafi, talkshow, lelang lukisan karya Hanafi dan Bob Pierce, dan lelang lukisan kopor karya para perupa Outsider Artpreneur.

Pameran ini merupakan bagian dari perayaan lima tahun Ciputra Artpreneur. Menurut Direktur Ciputra Artpreneur, Rina Ciputra, pameran ini didedikasikan bagi para seniman berkebutuhan khusus.

"Saya berharap, pameran ini bisa membuka mata publik dan mengajak kita untuk terbuka dalam memahami dan mengenal kondisi mereka yang berkebutuhan khusus. Kita juga akan berkontribusi untuk mengubah cara pandang mereka ke arah yang lebih baik," ungkap Rina Ciputra.

Dalam bahasa Hanafi, penyelenggaraan pameran ini untuk melengkapi dagangan pasar agar banyak pilihan. "Pasar yang alami, penuh kejujuran. Pasar bisa disebut rekreasi mata. Karya kawan-kawan ini melengkapi keragaman corak. Pasar belum bisa disebut pasar jika belum lengkap dagangannya. Program ini juga berfungsi sebagai ruang untuk saling berhubungan, antara garis lurus dan lengkung, merah dan hijau. Ini akan menjadi pengalaman menarik bagi kita semua," Hanafi memegaskan.

Menurut Mala dari komunitas Kapal Cinta, pameran seperti ini pertama kali dipopuletkan oleh Roger Cardinal asal Inggris. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan orang-orang berkebutihan khusus dalam hal mental dan pemguasaan aspek seni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com