Digunakan Syuting Bumi Manusia, Ini 5 Fakta soal Desa Wisata Gamplong

Kompas.com - 15/08/2019, 06:25 WIB
Set pedesaan dan rumah yang digunakan untuk keperluan syuting Bumi Manusia di Desa Gamplong, Yogyakarta. Saat ini, studio tersebut sudah dibuka untuk umum dan dijadikan lokasi wisata. Foto diambil Selasa (13/8/2019). KOMPAS.com/KURNIASARI AZIZASet pedesaan dan rumah yang digunakan untuk keperluan syuting Bumi Manusia di Desa Gamplong, Yogyakarta. Saat ini, studio tersebut sudah dibuka untuk umum dan dijadikan lokasi wisata. Foto diambil Selasa (13/8/2019).

KOMPAS.com - Film Bumi Manusia akan tayang serentak di bioskop Indonesia pada Kamis (15/8/2019). Diangkat dari novel Pramoedya Ananta Toer, Bumi Manusia mengambil setting era kolonialisme.

Salah satu tempat yang dipergunakan untuk syuting Bumi Manusia yang disutradari Hanung Bramantyo ini berada di Gamplong.

Desa wisata ini berada di di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta:

Untuk Anda yang belum tahu tentang Desa Wisata Gamplong, berikut ini beberapa fakta tentang Desa Wisata Gamplong yang digunakan untuk syuting film Bumi Manusia.

1. Terdapat Studio Alam

Melansir dari Antara, Sabtu (14/7/2018), Studio Alam Gamplong dibangun pada Oktober 2017. Studio ini diserahkan sebagai aset daerah usai dijadikan lokasi pembuatan film “Sultan Agung The Untold Love Story” yang juga disutradarai Hanung Bramantyo.

Lokasi studio ini berdiri di atas lahan seluas 10 hektare. Usai dijadikan lokasi pembuatan film Sultan Agung, studio ini selanjutnya oleh Hanung dibuat sebagai lokasi syuting Hanung Bramantyo.

Di studio ini wisatawan bisa menikmati nuansa era lampau dengan hadirnya bangunan-bangunan lawas yang digunakan sebagai lokasi syuting.

Baca juga: Sutradarai Film Bumi Manusia, Hanung: Ini Ibadah

2. Terdapat Museum Bumi Manusia

Pada Selasa (13/8/2019), para pemain dan tim produksi film Bumi Manusia meresmikan Museum Bumi Manusia di kawasan Gamplong dekat Studio Alam Gamplong.

Dari penelusuran Kompas.com, lokasi yang dijadikan museum tersebut merupakan setting rumah Nyai Ontosoroh.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X