Habibie Meninggal, Melanie Subono: Selamat Jalan Eyang, Selamat Melepas Rindu

Kompas.com - 11/09/2019, 19:54 WIB
Foto masa muda Ainun dan BJ Habibie yang diunggah Melanie Subono, Rabu (11/9/2019). Instagram/Melanie SubonoFoto masa muda Ainun dan BJ Habibie yang diunggah Melanie Subono, Rabu (11/9/2019).
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019).

Habibie mengembuskan napas terakhir pada pukul 18.03 WIB dalam perawatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Ucapan belasungkawa datang dari berbagai kalangan. Salah satunya dari Melanie Subono yang merupakan cucu keponakan dari Habibie.

Dalam Instagram Story-nya, Melanie mengunggah foto masa muda Habibie bersama istri tercinta, Ainun. Dilihat dari busana dan riasan mereka, itulah foto pernikahan Habibie dan Ainun.

"Selamat Jalan Eyang, Selamat Melepas Rindu," tulis Melanie, Rabu (11/9/2019).

Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu meninggal akibat penyakit yang dideritanya.

Baca juga: BJ Habibie Meninggal, Melanie Subono: Eyang, Sampai Jumpa di Keabadian

Sebelum meninggal, keluarga dekat sudah berkumpul di RSPAD Gatot Soebroto, tempat Habibie dirawat. Diketahui, Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019.

Keponakan Habibie, Rusli Habibie, menyebutkan bahwa seluruh keluarga dekat sudah dipanggil dan berkumpul di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

Selama masa perawatan, Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal. 

Baca juga: BJ Habibie Meninggal, Melanie Subono: Eyang, Sampai Jumpa di Keabadian

Sementara, Ainun lebih dulu wafat. Beliau meninggal pada 22 Mei 2010 dalam usia 72 tahun.

Ainun dengan nama lengkap Hasri Ainun Besar lahir pada 11 Agustus 1937 di Semarang, Jawa Tengah.

Ainun meninggal setelah berjuang melawan kanker dalam perawatan di Rumah Sakit Ludwig-Maximilians-Universitat, Munchen, Jerman.

Habibie dan Ainun menikah pada 12 Mei 1967 di Bandung, Jawa Barat. Pernikahan mereka dikaruniai dua putra, Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie.

Baca juga: Melanie Soebono Berterima Kasih kepada BJ Habibie

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X