Pesan Berharga BJ Habibie untuk Reza Rahadian

Kompas.com - 12/09/2019, 17:28 WIB
Reza Rahadian saat ditemui dalam prosesi pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAReza Rahadian saat ditemui dalam prosesi pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

JAKARTA,  KOMPAS.com - Aktor Reza Rahadian mendapatkan banyak petuah berharga dalam hidup selama mengenal Presiden ketiga RI BJ Habibie.

Salah satunya, kata Reza, adalah petuah soal pentingnya menanamkan rasa cinta dalam bekerja.

"Saya dapat pesan berharga dari Eyang Habibie begini, 'Reza saya tahu kamu bekerja berprofesi sebagai aktor tetapi itu semua tidak ada apa-apanya kalau Reza tidak ada cinta terhadap profesi," ucap Reza menirukan pesan Habibie padanya saat ditemui dalam prosesi pemakaman suami Ainun itu di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Baca juga: Pesan Habibie untuk Reza Rahadian yang Tak Terlupakan

Menurut Reza, Habibie telah membukakan pikirannya tentang pentingnya cinta atas profesi yang kita miliki.

"Eyang bilang, 'ilmu pengetahuan tuh tidak cukup. Kamu boleh punya skill dan lainnya dengan cukup, tetapi kamu tidak kerjakan dengan rasa cinta itu percuma. Jadi pastikan ketika kamu bekerja, ada rasa cintanya di situ," ujar Reza.

Reza merasa petuah yang ia dapatkan dari Habibie sudah membuatnya merasa seperti cucu kandungnya sendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kedekatan Reza Rahadian dan BJ Habibie, Temani ke RS hingga Saling Lempar Pujian

"Jadi ya begitu yang dikatakan Eyang, itu seperti kakek yang ngomong ke cucunya. Untuk menjadi unggul, antara ilmu pengetahuan dan cinta harus berjalan seiringan," kata Reza.

Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu meninggal akibat penyakit yang dideritanya.

Sebelum meninggal, keluarga dekat sudah berkumpul di RSPAD Gatot Soebroto, tempat Habibie dirawat. Diketahui, Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019.

Baca juga: Dengan Terisak, Reza Rahadian: Semoga Eyang Habibie Cepat Bertemu Eyang Ainun di Tempat Terbaik

Keponakan Habibie, Rusli Habibie, menyebutkan bahwa seluruh keluarga dekat sudah dipanggil dan berkumpul di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

Selama masa perawatan, Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.  

Habibie telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata bersebelahan dengan pusara istrinya Hasri Ainun Besari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.