Saat Para Artis Indonesia Ikut Kampanyekan Peduli Korban Karhutla Riau

Kompas.com - 18/09/2019, 15:21 WIB
Melanie Subono menggelar aksi peduli kebakaran hutan di Riau. Tangkapan layar akun instagram Melanie SubonoMelanie Subono menggelar aksi peduli kebakaran hutan di Riau.

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di wilayah Riau, Sumatera Selatan, belum juga usai.

Akibat karhutla, Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) rusak, asap menyelimuti wilayah Riau dan sekitarnya, mulai mengganggu aktivitas dan kesehatan warga setempat.

Pemerintah pun didesak untuk segera menyelesaikan masalah ini.

Beragam aksi berupa petisi, demo, dan penggalangan dana dilakukan masyarakat Indonesia, termasuk para artis Indonesia.

Berikut ini beberapa artis yang menyuarakan dukungannya untuk penyelesaian masalah tersebut melalui unggahan di media sosial.

1. Andien

Keprihatinan Andien pada kebakaran hutan dan lahan di Riau.Tangkapan layar akun instagram Andien. Keprihatinan Andien pada kebakaran hutan dan lahan di Riau.
Penyanyi Andini Aisyah Hariadi atau lebih dikenal dengan nama Andien mengunggah sejumlah foto yang menunjukkan dampak kebakaran hutan tersebut bagi ekosistem hutan dan masyarakat sekitar Riau pada Senin (16/9/2019).

Dalam unggahan tersebut Andien mengaku sangat prihatin dengan kondisinya sekarang yang begitu kontras dengan kondisi para korban karhutkla Riau. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Begitu turun panggung semalam, tangisku tak sengaja lepas. Hati teriris melihat dunia begitu kontras. Sementara kami baru saja merayakan sebuah malam. Di belahan tempat lain, yang juga masih Indonesia, mereka bahkan tak tahu bagaimana harus bermalam," tulis Andien. 

Baca juga: Hingga Rabu Ini, Total Tersangka Karhutla 230 Individu dan 5 Korporasi

"Asap dan ISPA hari ini telah menjadi makanan sehari-hari. Tak peduli apapun profesi; bahkan orangtua, anak-anak, balita, dan bayi. Mungkin mereka merasa percuma saja menangis. Karena nyatanya, telah berjalan 3 bulan sulit bernafas, semua seolah masih apatis," lanjutnya.

Andien menuliskan harapannya agar masalah Karhutla di Riau cepat berakhir dan masyarakat Riau tetap dalam kondisi yang baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X