Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sengketa Hukum Kang Daniel dan LM Entertainment Akhirnya Berakhir

Kompas.com - 27/09/2019, 11:57 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

Sumber Soompi

KOMPAS.com - Pada 27 September 2019, Asosiasi Manajemen Hiburan Korea (CEMA) merilis pernyataan resmi yang mengumumkan berakhirnya sengketa hukum antara Kang Daniel dan agensi lamanya, LM Entertainment.

Kang Daniel sebelumnya mengajukan tuntutan pada kontrak eksklusifnya dengan LM karena berbagai dugaan pelanggaran kontrak oleh agensi, sementara LM membantah tuduhan terhadap mereka.

Kedua belah pihak kemudian telah mencapai kesepakatan melalui mediasi oleh CEMA.

"Kami mengumumkan bahwa seniman budaya pop Kang Daniel dan mantan agensinya, LM Entertainment, melalui mediasi oleh CEMA, mencapai kesepakatan dan mengakhiri perselisihan hukum mereka," kata pihak CEMA.

CEMA menjelaskan, mediasi itu dilakukan untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh sengketa hukum dan untuk mempromosikan praktik dan model bisnis yang sehat dan adil.

Baik Kang Daniel maupun LM akan menyatakan permintaan maaf mereka kepada publik, media, industri hiburan, dan orang-orang yang terlibat.

Baca juga: Kang Daniel Umumkan Nama Fanclub Resmi, Ini Maknanya

"Kang Daniel dan mantan agensinya LM Entertainment, dalam proses diskusi melalui CEMA, memutuskan untuk mencegah masalah lebih lanjut dan kerusakan yang disebabkan oleh sengketa hukum yang berlarut-larut," kata CEMA.

"Selain itu, LM Entertainment telah menyetujui promosi Kang Daniel dengan agensi baru untuk menumbuhkan lingkungan budaya dan hiburan yang positif," lanjut mereka.

Selanjutnya, kedua belah pihak, pada 27 September 2019, telah menarik pengaduan resmi mereka melalui perwakilan hukum mereka.

Kang Daniel telah mencabut permintaannya untuk perintah pada kontraknya serta gugatannya dan LM Entertainment telah menarik banding mereka atas putusan pengadilan yang sebelumnya mengabulkan gugatan Kang Daniel.

"Bersamaan dengan itu, perselisihan hukum telah berakhir dengan persetujuan kedua belah pihak untuk mengakhiri kontrak mereka satu sama lain," ucap CEMA.

Baca juga: Ketika Jihyo Ditanya soal Kang Daniel di Acara Comeback TWICE

"Setelah perjanjian yang diuraikan di atas, kedua belah pihak juga sepakat bahwa mereka tidak akan mengajukan tuntutan hukum perdata atau pidana atau tindakan hukum lainnya terhadap satu sama lain terkait kontrak mereka," tambah mereka.

Agen baru Kang Daniel, KONNECT Entertainment, juga merilis pernyataan yang menyatakan bahwa semua tuntutan hukum telah ditarik.

“Kami berterima kasih kepada CEMA karena membantu membuka komunikasi dan kami juga meminta maaf kepada industri, media, dan semua yang kami khawatirkan dengan perselisihan hukum," kata KONNECT.

Mereka juga berterima kasih kepada para penggemar karena telah menjadi sumber kekuatan dan dukungan yang luar biasa bagi Kang Daniel dalam melalui masa-masa sulit.

"Kami akan memegang cinta dan dukungan yang kalian kirimkan dalam hati kami dan kami akan bekerja keras mengembalikan cinta lewat promosi aktif dan penampilan maksimal. Kami meminta dukungan kalian untuk kegiatan Kang Daniel ke depan. Terima kasih," tutup LM Entertainment.

Baca juga: Hobi Baru Kang Daniel, Apa Itu?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com