Dokter Ungkap Kondisi Irish Bella Setelah Bayi Kembarnya Meninggal

Kompas.com - 07/10/2019, 17:45 WIB
Ammar Zoni dan Irish Bella menggelar acara pengajian jelang pernikahan mereka di kawasan Cinere, Depok, Kamis (25/4/2019). KOMPAS.com/IRA GITAAmmar Zoni dan Irish Bella menggelar acara pengajian jelang pernikahan mereka di kawasan Cinere, Depok, Kamis (25/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi artis peran Irish Bella disebut telah stabil setelah mengalami tekanan darah tinggi karena preeklamsia.

"Sekarang kondisi ibu bagus, tekanan darah bagus. Pas operasi (tekanan darah) sampai 180/90," ujar Dokter Gatot Abdurrazak, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Subspesialis Fetomaternal yang menangani Irish dalam jumpa pers di Rumah Sakit Harapan Kita, Grogol, Jakarta Barat, Senin (7/10/2019).

Gatot mengatakan pasangan Ammar Zoni dan Irish Bella sangat tegar.

"Pasangan ini luar biasa. Setelah saya jelaskan perjalanan penyakitnya, alhamdulillah mereka memahami. Mereka tidak down," ujar Gatot.

Gator memperkirakan kesehatan Irish akan kembali pulih dalam waktu dekat.

"Cepat kok. Itu ciri-ciri preeklamsia. Kemarin di kamar operasi (tekanan darah) 180, sekarang sudah turun tekanannya jadi 150," ucap Gatot.

Sebelumnya, tim dokter yang menangani Irish membeberkan penyebab meninggalnya bayi kembar yang dikandung oleh bintang sinetron Cinta Suci ini

Menurut dokter, bayi kembar Irish mengalami kondisi Twin-to-twin transfusion syndrome (TTTS).

Baca juga: Bayi Kembar Irish Bella Meninggal Dunia Saat di Dalam Kandungan

Dalam kondisi itu salah satu janin mengalami perubahan sistem pembuluh darah yang akhirnya berdampak pada janin yang satu lagi.

TTTS bisa mengakibatkan komplikasi ke ibu, salah satunya Mirror Syndrome yang merupakan keadaan di mana janin mengalami hydrops (bengkak seluruh tubuh) yang menyebabkan ibu juga mengalami kondisi yang sama.

Namun pada ibu, kondisi ini bisa disertai preeklamsia.

Baca juga: Lahirkan Janin yang Sudah Meninggal, Irish Bella Tak Kuasa Lihat Bayi Kembarnya

Preeklamsia, yang juga disebut toxemia kehamilan, adalah kelainan atau gangguan progresif yang ditandai kehadiran protein dalam urine serta tingginya tekanan darah.

Kedua janin Irish Bella dinyatakan meninggal pada Minggu (6/10/2019) dalam usia 26 pekan.

Jenazah bayi kembar tersebut lantas dimakamkan oleh Ammar di TPU Kalimulya 1 Depok, Jawa Barat pada Minggu malam.

Baca juga: Irish Bella dan Ammar Zoni Tegar Saat Diberi Tahu Penyakit Bayi Kembarnya

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X