Kucumbu Tubuh Indahku ke Oscar 2020, Garin Nugroho Sebut Filmnya Lebih Cocok di Eropa

Kompas.com - 11/10/2019, 11:26 WIB
Sutradara Garin Nugoho dalam jumpa pers dan screening film Kucumbu Tubuh Indahku di XXI Plaza Indonesia, Thamrin Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019). Kompas.com/Ira GitaSutradara Garin Nugoho dalam jumpa pers dan screening film Kucumbu Tubuh Indahku di XXI Plaza Indonesia, Thamrin Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).
Editor Kistyarini

KOMPAS.com - Film Kucumbu Tubuh Indahku besutan sutradara kawakan Indonesia Garin Nugroho masuk dalam seleksi Oscar untuk kategori "Best International Feature Film".

Kendati demikian, Garin Nugroho merasa bahwa film-film karyanya tidak cocok untuk  berkompetisi di ajang seperti Piala Oscar.

Garin mengatakan bahwa setiap karya film memiliki karakternya tersendiri.

Menurut dia film-film yang disutradarainya, dirasa memiliki karakter yang berbeda dan tidak pas untuk berkompetisi di Oscar.

Baca juga: Alasan KSFI Pilih Kucumbu Tubuh Indahku Wakili Indonesia di Oscar 2020 meski Tuai Kontroversi

"Saya lebih cocok untuk festival Eropa. Jadi kalau Anda nonton Festival Film Cannes atau Berlin itu kan beda sama Oscar," kata Garin Nugroho saat berbincang di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Pasalnya, Garin merasa festival film Eropa lebih menghargai film dari sisi seni.

"Oscar itu antara apa yang disebut dengan karya yang bagus dan komunikatif itu jadi satu. di Eropa kan tidak, lebih kepada art film-nya," lanjut Garin.

Baca juga: Garin Nugroho: Keputusan Berani Pilih Kucumbu Tubuh Indahku Wakili Indonesia di Oscar 2020

Karena itu ia tidak berekspektasi tinggi dengan Kucumbu Tubuh Indahku yang saat ini mengikuti seleksi Oscar.

"Ya sebenarnya bukan tujuan saya. Orang harus tahu tempatnyalah, kalau Anda jadi tanaman tempatnya di savana, tiba-tiba harus ke pegunungan kan beda," tambahnya.

Film Kucumbu Tubuh Indahku karya sutradara Garin Nugroho akan bersaing dengan film dari 93 negara dalam ajang Academy Awards atau Oscar 2020.

Baca juga: Pernah Tuai Kontroversi, Kucumbu Tubuh Indahku Wakili Indonesia ke Oscar 2020

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X