Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dian Sastro: Aku Beruntung Lahir di Zaman Belum Ada Netizen

Kompas.com - 11/10/2019, 12:57 WIB
Andika Aditia,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Dian Sastrowardoyo menceritakan sedikit pengalaman hidupnya dalam sebuah acara di The Hermitage, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/10/2019).

Salah satunya, Dian menceritakan tentang pengalaman hidupnya dulu dan kini. Dian mengaku beruntung karena dia lahir dan tumbuh di masa media sosial belum ada.

Baginya, media sosial bisa memberi dampak negatif, terutama para warganet yang berkomentar negatif.

"Aku beruntung lahir di zaman enggak ada netizen. Zaman sekarang kita suka di-bully netizen lihatnya dalam bentuk digital komentar negatif dari akun bodong," ucap Dian Sastro.

Baca juga: 20 Tahun Menjadi Aktris, Kini Dian Sastro Menjadi Produser Film, Mengapa?

Menurut Dian, dulu sebelum ada media sosial, orang akan berkomentar dan mengkritik secara langsung.

Dan itu, Dian anggap lebih baik ketimbang era digital saat ini. Karena, komentar negatif dan semacamnya di era sekarang meninggalkan jejak digital yang bisa dilihat kembali kapan pun meski permasalahannya sudah terlewatkan.

"Zaman dulu itu (komentar negatif) engak ada efeknya, live (langsung). Pulang nangis, besok bangun lagi. Nah sekarang ada jejak digital kapan pun bisa diungkit-ungkit lagi," ucapnya.

Baca juga: Dian Sastro Jawab Sebutan Bodoh dari Menkumham, Sudjiwo Tedjo Beri Gelar Puteri Reformasi

Meski begitu, Dian tak memungkiri bila berbagai komentar pedas warganet ada pula yang memang bertujuan untuk membangun, bukan sekadar nyinyir.

"Ada komentar negatif memang perlu, jadi ada perbaikan, tapi kan enggak 100 persen yang jelek di luar komentar itu dan juga ada bagusnya loh dari kita," ucapnya.

"Kita enggak seburuk itu tapi enggak semua bagus, kadang karena bully-an negatif netizen kita lupa sama yang bagus dari kita," sambungnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com