Marshanda Akui Masih Trauma Akibat Bullying, Segan Bertemu Teman SD

Kompas.com - 27/10/2019, 12:07 WIB
Marshanda di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (21/10/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAMarshanda di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (21/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Marshanda mengakui bahwa dirinya masih merasa trauma karena pengalamannya menjadi korban buli pada masa lalu.

Caca, panggilan akrab Marshanda, bahkan masih segan untuk bertemu teman-teman yang pernah membulinya dulu.

"Jujur aku sih masih trauma sampai sekarang karena aku kan waktu SD dibuli, walaupun sekarang aku kalau ketemu teman-teman SD aku mereka kayak 'sudahlah Ca, kita tuh care sama lo', tapi aku tetap aja segan sama mereka," ucap Marshanda di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Baca juga: Nenek Iro Ucapkan 3 Doa, Marshanda: Jeder! Aku Pecah, Menangis

Meski kini sudah mulai membaik, Marshanda mengaku sempat terjebak dalam kondisi tak nyaman selama bertahun-tahun karena efek dari perlakuan buli teman-temannya.

"Sempat selama bertahun-tahun merasa ke dalam situasi sosial yang takut karena aku merasa sudah pantas duluan untuk ditolak dalam geng," ujarnya.

"Aku sempat merasa selalu seperti itu, apalagi ketika diundang di acara TV, awards ketemu musisi artis lain yang lebih senior, itu jujur selalu tegang karena itu tadi," tambah Marshanda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bertemu Paula Verhoeven, Marshanda Bilang Baim Wong Player

Kata ibu satu anak ini, kini ia telah menyadari bahwa tindakan buli bisa terjadi karena banyak alasan di baliknya.

Ia pun menjadi tak bisa serta merta menyalahkan si pelaku lantaran.

"Kalau buat aku, biasanya orang yang ngebuli itu either diadibuki juga di rumah sama pengasuhnya, dia tidak salah dia tidak jahat, kedua itu, dia tidak sengaja," ucapnya.

Baca juga: Rahasia Marshanda dan Baim Wong Tetap Akur meski Putus Cinta

"Biasanya orang yang ngebuli itu enggak sadar kalau dia lagi nyakitin hati orang yang merasa Lagi dibuli terus bagi orang yang dibuli," sambung Marshanda.

Ia menambahkan, kini segala perlakuan negatif sudah tak pernah ia ambil hati. Ia sudah menganggapnya biasa-biasa saja.

"Kalau aku mah aku biarin, enggak mungkin gue minta dia nurut sama gue, emang gue ibunya," katanya.

Baca juga: Pertemuan Marshanda dan Nenek Iro, Gemetar hingga Menangis Didoakan



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X