Ternyata, Dian Sastro Cucu Keponakan Tokoh Kunci Sumpah Pemuda

Kompas.com - 28/10/2019, 10:15 WIB
Dian Sastrowardoyo berpose ketika mempromosikan film Aruna dan Lidahnya di kantor redaksi Kompas.com, Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (13/7/2018). Kompas.com/Tri Susanto SetiawanDian Sastrowardoyo berpose ketika mempromosikan film Aruna dan Lidahnya di kantor redaksi Kompas.com, Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (13/7/2018).
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa sangka, di balik paras ayu, akting yang menawan, dan kecerdasannya, artis Dian Sastrowardoyo memiliki garis keturunan yang sangat erat dengan salah satu tokoh sentral lahirnya Sumpah Pemuda.

Salah satu penggagas Sumpah Pemuda Sunario Sastrowardoyo dan artis peran Dian Sastrowardoyo.Instagram/Dian Sastro Salah satu penggagas Sumpah Pemuda Sunario Sastrowardoyo dan artis peran Dian Sastrowardoyo.
Dian ternyata adalah cucu keponakan dari Prof Mr Sunario Sastrowardoyo yang menjabat sebagai penasihat panitia Kongres Pemuda II tahun 1928 yang melahirkan Sumpah Pemuda.

Pada tanggal 28 Oktober 2016, Dian pernah mengunggah foto dirinya yang disandingkan dengan foto mendiang Sunario.

"Beliau adalah tokoh kunci Manifesto Politik1923 Perhimpunan Indonesia dan Sumpah Pemuda 1928. Beliau juga seorang kakak dari eyang kakung saya: dr. Soemarsono Sastrowardoyo," tulis Dian dalam unggahan tersebut.

Dian juga mengaku pernah berjumpa sang kakek saat usianya masih sangat belia.

"Saya waktu kecil pernah ketemu Eyang Nario. Saya berumur 5 tahun, dan beliau sudah tuaaaa sekali. Eyang kakung saya adek nya yang ke 11. Beda usianya jauh sekali," tulisnya.

Pemeran Cinta dalam film Ada Apa dengan Cinta? ini mengaku bangga dan terinspirasi dengan perjuangan Sunario.

Hal inilah yang agaknya membuat Dian Sastro kerap terlibat aktif dalam aksi-aksi kemanusiaan dan vokal menanggapi beragam isu sosial.

"Rasanya, ingin saya teruskan perjuangannya.. perjuangan kaum muda di jaman mereka. Ayo kawan, mari jadi bangsa Indonesia yang lebih baik, lebih maju, lebih positif. Selamat hari Sumpah Pemuda," tulis Dian dalam unggahannya.

Baca juga: Dian Sastro Ingin Orang Indonesia Buang Stereotip Wanita Eropa Lebih Cantik

Rekam jejak Sunario

Peran Sunario dalam beragam gerakan kepemudaan begitu vokal.

Selain berperan penting pada lahirnya Sumpah Pemuda, Sunario juga menjadi salah satu tokoh penting dalam tonggak sejarah nasional Manifesto1925.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X