Menteri Nadiem: Sudah Waktunya Pancasila Jadi Cool Lagi

Kompas.com - 10/01/2020, 08:13 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim memberikan sambutan dalam konferensi pers kerja sama antara Netflix dan Kemendikbud di gedung Kemendikbud, Jakarta, Kamis (9/1/2020). KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma PMenteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim memberikan sambutan dalam konferensi pers kerja sama antara Netflix dan Kemendikbud di gedung Kemendikbud, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

JAKARTA,  KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan penyedia layanan streaming Netflix mengembangkan sumber daya manusia di bidang perfilman, salah satunya melalui lomba film pendek bertema asas-asas Pancasila.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, kerja sama itu diharapkan dapat membuat Pancasila kian dipahami lebih dari sekadar menghafal, sehingga esensinya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Sudah waktunya Pancasila jadi cool lagi," kata Nadiem Makarim seperti dilansir dari Antara di Kemendikbud, Jakarta Pusat, Kamis (9/1/2020).

Baca juga: Kemendikbud Gandeng Netflix, Nadiem: Unlock Film Indonesia ke Panggung Dunia

Ia mengajak para sineas untuk menginterpretasikan asas Pancasila dalam kompetisi film pendek.

Pemenangnya akan mendapatkan hadiah 600.000 dollar Amerika.

Kemendikbud dan Netflix juga bekerja sama menggelar pelatihan penulis skenario di Hollywood, kemudian lokakarya di Jakarta, serta pelatihan bidang keamanan online juga tata kelola menghadapi pertumbuhan industri kreatif yang dinamis.

Baca juga: Digandeng Kemendikbud, Netflix Investasi Rp 14 Miliar

Nadiem mengatakan, kemitraan ini adalah langkah pertama program kebudayaan inovatif yang bertujuan menampilkan kehebatan sumber daya manusia Indonesia.

Dalam kerja sama ini, Netflix berinvestasi sebesar 1 juta dollar Amerika Serikat atau setara Rp 14 miliar.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid mengatakan, kerja sama dengan Netflix akan berlangsung sepanjang tahun.

Baca juga: Nadiem Makarim: Saya Ngefans Netflix, Senang Lihat Konten Indonesia Makin Banyak

Namun bisa juga berlanjut hingga 2021 bila prosesnya memakan waktu lebih banyak.

Para penulis skenario yang terpilih untuk diberangkatkan ke Hollywood akan diterbangkan pada Maret 2020.

Mereka akan bertemu tim kreatif Netflix dan belajar mengenai cara membuat konten lokal yang menarik untuk penonton global.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X