Kompas.com - 02/03/2020, 16:08 WIB
Label busana dan perlengkapan olahraga asal China, Li-Ning unjuk gigi dan mampu menyedot perhatian publik di perhelatan Paris Fashion Week. Mereka pun menggandeng bintang film laga Jackie Chan untuk bergaya di catwalk. VIA HYPEBEASTLabel busana dan perlengkapan olahraga asal China, Li-Ning unjuk gigi dan mampu menyedot perhatian publik di perhelatan Paris Fashion Week. Mereka pun menggandeng bintang film laga Jackie Chan untuk bergaya di catwalk.

JAKARTA, KOMPAS.com – Chan Kong Sang yang lebih dikenal dengan nama panggilan Jackie Chan adalah seorang aktor dan sutradara asal Hongkong.

Memulai karier sejak 1970-an, Jackie Chan merupakan salah satu aktor laga terkenal di dunia.

Baca juga: Jackie Chan Dituding sebagai Penyebab Bangkrutnya Hong Kong Airlines, Mengapa?

Berkat kemampuan aksi akrobatik dan kung fu yang ia miliki, Jackie Chan mampu menuai sukses di dunia perfilman.

Pada 1982, ia menikah dengan aktris asal Taiwan bernama Joan Lin dan dikaruniai seorang putra yang diberi nama Jaycee Chan.

Ketika usianya masih menginjak delapan tahun, pria kelahiran 7 April ini pernah tampil bersama kelompoknya dari ‘Little Fortunes’ dalam film yang berjudul Big and Little Wong Tin Bar (1962).

Baca juga: [POPULER HYPE] Kisah Cinta Ginanjar dan Tiara | Jackie Chan Penyebab Hong Kong Airlines Bangkrut?

Setelah itu, Jackie Chan kerap tampil di beberapa film lainnya dan di usianya yang menginjak 17 tahun, ia menjadi pemeran pengganti dalam film-film Bruce Lee yang berjudul Fist of Fury dan Enter the Dragon.

Hingga akhirnya pada 1973, Jackie Chan dipercaya untuk menjadi pemeran utama dalam film Little Tiger of Canton, yang kala itu hanya diedarkan secara terbatas di Hongkong.

Sebelum menjadi aktor terkenal seperti sekarang, ia penah bekerja sebagai pekerja bangunan dan beberapa kali gagal ketika merintis kariernya sebagai aktor.

Baca juga: Jackie Chan Janjikan Rp 1,9 Miliar buat Penemu Antivirus Corona

Anak dari pasangan Charles dan Lee-lee ini sebelum dikenal dengan nama Jackie Chan, memiliki nama julukan Little Jack atau Jackie yang diberikan rekan kerjanya ketika masih menjadi buruh kontruksi.

Tak berselang lama, ia pindah ke Australia dan mendapatkan tawaran untuk membintangi film New Fist of Fury.

Sejak saat itulah namanya kian melambung di dunia perfilman dunia.

Baca juga: Jackie Chan Jawab Isu Dirinya Terkena Virus Corona

Kariernya di Hollywood pun mulai diakui ketika ia membintangi film berjudul Rush Hour (1998) dan saat menjadi pemeran utama dalam film aksi komedia berjudul Shanghai Noon (2000).

Kini, nama Jackie Chan dikenal sebagai aktor laga legendaris, yang telah membintangi lebih dari 100 film dan meraih berbagai penghargaan.

Salah satunya adalah penerima penghargaan kehormatan Oscar pada 2016.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X