Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil G-Dragon, Rapper dan Leader Boyband Big Bang

Kompas.com - 12/03/2020, 19:08 WIB
Azizah Pamugarwati,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kwon Ji-yong yang lebih dikenal dengan nama panggungnya G-Dragon adalah seorang penyanyi asal Korea Selatan.

G-Dragon merupakan salah satu member dari boyband Big Bang yang dianungi agensi besar, YG Entertaiment. Ia juga dipercaya untuk menjadi leadaer.

Setelah enam tahun menjalani masa pelatihan, akhirnya ia debut bersama Big Bang di tahun 2006. Bersama Big Bang ia terlibat dalam penulisan lagu-lagu Big Bang seperti “Lies”, “Last Farewell” dan “Day by Day”.

Baca juga: YG Entertainment Pastikan G-Dragon Tak Gelar Tur di China

Selain beraktivitas dengan Big Bang, ia juga berkarier sebagai penyanyi solo.

Debutnya melalui album bertajuk Heartbreaker yang menjadi album tersukses tahun 2009 dengan penjualan melebihi 200.000 kopi.

Album itu juga berhasil meraih penghargaan di ajang Mnet Asian Music Awards 2009 sebagai Album of the Year. G-Dragon pun berhasil debut secara solo di Jepang.

Baca juga: Pakai Sepatu Air Force 1 G-Dragon, Najwa Shihab Curi Perhatian

Kini, Big Bang berhasil menjadi boyband yang berhasil mendunia, karena tidak hanya terkenal di Korea Selatan tetapi di berbagai penjuru dunia. Mereka juga sudah melakukan sejumlah tur konser.

Selain berkarier di industrik musik, G-Drogon juga kerap tampil sebagai bintang tamu di sejumlah acara televisi seperti Running Man, Happy Together dan lainnya.

Hingga saat ini ia telah menelurkan tiga album studia Korea, dan satu album studio Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com