Kompas.com - 19/03/2020, 15:51 WIB
Penyanyi dangdut Inul Daratista menghadiri konferensi pers Konser Raya 20 Tahun Indosiar di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (5/1/2015). TRIBUNNEWS/JEPRIMAPenyanyi dangdut Inul Daratista menghadiri konferensi pers Konser Raya 20 Tahun Indosiar di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (5/1/2015).

KOMPAS.com – Ainur Rokhimah yang lebih dikenal dengan nama panggungnya Inul Daratista merupakan seorang penyanyi dangdut asal Indonesia.

Ia telah memulai kariernya sejak tahun 2000. 

Siapa sangka sebelum menjadi penyanyi dangdut kondang seperti sekarang, wanita kelahiran 21 Januari 1979 ini mengawali kariernya sebagai penyanyi dangdut dari panggung ke panggung acara rakyat daerah Pasuruan, Jawa Timur.

Baca juga: Kumpulan TikTok Adam Suseno, Suami Inul Daratista yang Bikin Ngakak

Kala itu, Inul tidak tahu bahwa aksinya di atas panggung diabadikan dalam bentuk video dan diedarkan dengan VCD di sejumlah daerah yang membuat namanya mulai dikenal orang masyarakat.

Pada rahun 2003, ia berhasil mendapatkan kesempatan masuk ke dapur rekaman dengan merilis sebuah album yang bertajuk Goyang Inul.

Sejak saat itu, ia mulai mendapatkan tawaran tampil di sejumlah stasiun televisi, dan akhirnya ia pun dikenal sebagai Inul Daratista dengan julukan Ratu Goyang Ngebor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ketika Inul Daratista Bikin Suaminya Ngesot di Lantai

Sepanjang perjalanan karier bermusiknya hingga saat ini ia telah merilis delapan album studio.

Berkat karya-karya inilah yang mengantarkannya menyabet beberapa penghargaan, salah satunya sebagai Penyanyi Dangdut Paling Ngetop di SCTV Music Awards 2014.

Inul Daratista pernah dipercaya menjadi juri di sejumlah acara pencarian bakat penyanyi dangdut, salah satunya adalah D'Academy (2014 hingga 2017) dan Liga Dangdut Indonesia (2018).

Baca juga: Inul Daratista: Saya Tak Pernah Malu Meminta Maaf Duluan

Kesuksesannya di industri musik membuatnya melebarkan sayap ke dunia seni peran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.