Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Pinkan Mambo, Solois Pelantun Kekasih yang Tak Dianggap

Kompas.com - 02/04/2020, 15:29 WIB
Azizah Pamugarwati,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pinkan Ratnasari Mambo yang kerap disapa dengan Pinkan Mambo adalah seorang penyanyi asal Indonesia. Ia telah memulai kariernya sejak tahun 2001.

Namanya dikenal publik ketika ia menjadi vokalis dari grup duo Ratu bersama Maya Estianty. Namun, sebelum bergabung bersama Ratu, ia merupakan penyanyi latar dari band Dewa 19.

Baca juga: Cerita Pinkan Mambo, Pernah Tak Mampu Beli Es Teler dan Jualan Pisang Goreng

Pada 2003, grup duo Ratu semakin populer di industri musik Tanah Air hingga menelurkan sebuah album perdana yang bertajuk Bersama (2003). Dalam album itu berisikan sepuluh daftar lagu di dalamnya.

Namun pada 2004, ia memilih hengkang dari Ratu dan memilih untuk merintis kariernya sebagai penyanyi solo.

Baca juga: Punya Usaha Laundry, Pinkan Mambo: Kenapa Harus Malu?

Perempuan kelahiran 11 November 1980 ini berhasil merilis singel debut karier solonya dengan judul “Cinta Takkan Usai”, yang termasuk album kompilasi “Best Female Idol”.

Dari situlah namanya semakin cemerlang, hingga saat ini Pinkan telah menelurkan delapan album dan tiga singel. Salah satu singel hits-nya adalah “Kekasih Yang Tak Dianggap” (2007).

Baca juga: 4 Pengakuan Pinkan Mambo yang Diperiksa dalam Kasus MeMiles

Selain di dunia tarik suara, ia juga pernah tampil berakting di film Selimut Berdarah (2010) dan Horas Amang: Tiga Bulan untuk Selamanya” (2019).

Tidak hanya berkarier di dunia hiburan, ternyata baru-baru ini Pinkan Mambo juga memiliki usaha jasa cuci pakaian atau laundry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com