Kompas.com - 02/04/2020, 15:29 WIB
Pinkan Mambo saat ditemui di kawaaan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020). Revi C. RantungPinkan Mambo saat ditemui di kawaaan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com – Pinkan Ratnasari Mambo yang kerap disapa dengan Pinkan Mambo adalah seorang penyanyi asal Indonesia. Ia telah memulai kariernya sejak tahun 2001.

Namanya dikenal publik ketika ia menjadi vokalis dari grup duo Ratu bersama Maya Estianty. Namun, sebelum bergabung bersama Ratu, ia merupakan penyanyi latar dari band Dewa 19.

Baca juga: Cerita Pinkan Mambo, Pernah Tak Mampu Beli Es Teler dan Jualan Pisang Goreng

Pada 2003, grup duo Ratu semakin populer di industri musik Tanah Air hingga menelurkan sebuah album perdana yang bertajuk Bersama (2003). Dalam album itu berisikan sepuluh daftar lagu di dalamnya.

Namun pada 2004, ia memilih hengkang dari Ratu dan memilih untuk merintis kariernya sebagai penyanyi solo.

Baca juga: Punya Usaha Laundry, Pinkan Mambo: Kenapa Harus Malu?

Perempuan kelahiran 11 November 1980 ini berhasil merilis singel debut karier solonya dengan judul “Cinta Takkan Usai”, yang termasuk album kompilasi “Best Female Idol”.

Dari situlah namanya semakin cemerlang, hingga saat ini Pinkan telah menelurkan delapan album dan tiga singel. Salah satu singel hits-nya adalah “Kekasih Yang Tak Dianggap” (2007).

Baca juga: 4 Pengakuan Pinkan Mambo yang Diperiksa dalam Kasus MeMiles

Selain di dunia tarik suara, ia juga pernah tampil berakting di film Selimut Berdarah (2010) dan Horas Amang: Tiga Bulan untuk Selamanya” (2019).

Tidak hanya berkarier di dunia hiburan, ternyata baru-baru ini Pinkan Mambo juga memiliki usaha jasa cuci pakaian atau laundry.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X