Profil Mandra, Pelawak Bintangnya Si Doel Anak Sekolahan

Kompas.com - 02/04/2020, 20:23 WIB
Artis peran Mandra Naih saat ditemui di kediaman Rano Karno di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2019). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Artis peran Mandra Naih saat ditemui di kediaman Rano Karno di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2019).

KOMPAS.comMandra Naih yang akrab disapa Mandra merupakan seorang pelawak, pemeran, dan pemain lenong Betawi asal Indonesia.

Ia telah memulai kariernya sejak 1977.

Sebelum menjadi pelawak terkenal seperti sekarang ini, pria kelahiran 2 Mei 1965 ini mengawali kariernya dengan tampil di sejumlah lenong Betawi.

Baca juga: Saat Mandra Marah dan Sedih Kisah Cinta Si Doel Harus Berakhir...

Ia tergabung dalam lenong Setia Warga pimpinan Haji Bokir.

Setelah itu, ia mulai merambah akting dengan terjun ke dunia layar lebar.

Ia kerap wara wiri tampil menjadi pemeran pendukung di beberapa film, seperti Cinta Annisa (1983), Yang Masih di Bawah Umur (1985), dan lain-lain. 

Baca juga: Tak Juga Temukan Tambatan Hati, Mandra Protes Kisah Si Doel Berakhir

Namun, namanya baru mulai melejit ketika ia berperan sebagai Mandra dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan pada 1994 hingga 2003.

Selama berkarier, Mandra telah membintangi 14 film dan 15 sinetron.

Berkat peran-peran itu, mengantarkannya masuk ke sejumlah nominasi sebagai Aktor Pembantu di ajang Piala Vidia 1997 dan 2011.

Selain itu, Mandra juga kerap didapuk menjadi bintang iklan di sejumlah produk seperti Ajinomoto, CFC, Honda Astrea, dan lainnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X