Kompas.com - 02/04/2020, 20:23 WIB

KOMPAS.comMandra Naih yang akrab disapa Mandra merupakan seorang pelawak, pemeran, dan pemain lenong Betawi asal Indonesia.

Ia telah memulai kariernya sejak 1977.

Sebelum menjadi pelawak terkenal seperti sekarang ini, pria kelahiran 2 Mei 1965 ini mengawali kariernya dengan tampil di sejumlah lenong Betawi.

Baca juga: Saat Mandra Marah dan Sedih Kisah Cinta Si Doel Harus Berakhir...

Ia tergabung dalam lenong Setia Warga pimpinan Haji Bokir.

Setelah itu, ia mulai merambah akting dengan terjun ke dunia layar lebar.

Ia kerap wara wiri tampil menjadi pemeran pendukung di beberapa film, seperti Cinta Annisa (1983), Yang Masih di Bawah Umur (1985), dan lain-lain. 

Baca juga: Tak Juga Temukan Tambatan Hati, Mandra Protes Kisah Si Doel Berakhir

Namun, namanya baru mulai melejit ketika ia berperan sebagai Mandra dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan pada 1994 hingga 2003.

Selama berkarier, Mandra telah membintangi 14 film dan 15 sinetron.

Berkat peran-peran itu, mengantarkannya masuk ke sejumlah nominasi sebagai Aktor Pembantu di ajang Piala Vidia 1997 dan 2011.

Selain itu, Mandra juga kerap didapuk menjadi bintang iklan di sejumlah produk seperti Ajinomoto, CFC, Honda Astrea, dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.