Kompas.com - 08/04/2020, 18:49 WIB

KOMPAS.comGarin Nugroho Riyanto yang akrab disapa Garin Nugroho merupakan sutradara, penulis skenario, dan produser film asal Indonesia.

Ia telah memulai kariernya sejak 1984.

Sebelum sukses seperti sekarang ini di dunia perfilman Indonesia, Garin memulai kariernya sebagai kritikus dan pembuat film dokumenter.

Baca juga: Garin Nugroho: Saya Termasuk Sutradara yang Langka

Kariernya semakin menanjak dan ia dipercaya menjadi sutradara di film Gerbong Satu, Dua (1984) dan dilanjutkan Cinta Dalam Sepotong Roti (1990).

Sejak saat itu, ia aktif menjadi sutradara untuk sejumlah film.

Pada tahun 1991, Garin Nugroho berhasil masuk nominasi sebagai Sutradara Terbaik di ajang Festival Film Indonesia (FFI). 

Baca juga: Garin Nugroho, Obsesi dan Perjalanan Menuju Planet Sebuah Lament

Hingga kini, sutradara gaek ini telah menggarap 24 film.

Berkat karya-karyanya, ia berhasil menyabet beberapa penghargaan sebagai Sutradara Terbaik, salah satunya adalah di ajang FFI 2019.

Bahkan, film garapannya yang berjudul Kucumbu Tubuh Indahku menjadi film yang mewakili Indonesia sebagai nominasi di Piala Oscar 2020.

Selain menjadi sutradara, ia juga pernah menjadi penulis skenario hingga produser.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.