Kompas.com - 28/04/2020, 13:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Artis senior Aminah Cendrakasih terkenal dalam perannya sebagai Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Karakter Mak Nyak dengan logat betawinya yang kental dalam sinetron yang tayang tahun 1994 ini selalu membekas diingatan penonton.

Artis senior yang kini telah berusia 82 tahun ini sukses memikat hati para penggemar dengan aktingnya sebagai Mak Nyak.

Tetapi, Aminah Cendrakasih sebenarnya sudah bekecimpung di dunia hiburan Tanah Air sejak usia belia.

Bakat aktingnya mulai diasah dengan ikut aktif di pentas sandiwara pada tahun 1955 sebagai pemain dan penyanyi.

Baca juga: Mak Nyak Tak Akan Hadiri Konser Akhir Kisah Cinta Si Doel

Putri pasangan pelawak Husni Nagib dan artis Wolly Sutinah ini telah banyak terlibat di puluhan judul film Indonesia sejak tahun 1955.

Beberapa film yang pernah dibintangi Aminah Cendrakasih adalah Benyamin Raja Lenong pada tahun 1975, Gadis Telepon pada tahun 1983 dan Masih Adakah Cinta pada tahun 1980.

Film serial Si Doel Anak Sekolahan yang ditayangkan RCTI mengangkat kultur Betawi. Film yang disutradarai Rano Karno (berdiri kiri), dengan pemain di antaranya Cornelia Agatha (berdiri kedua kiri), Aminah Cendrakasih (duduk kiri), Benyamin S (duduk kanan).DOK RCTI Film serial Si Doel Anak Sekolahan yang ditayangkan RCTI mengangkat kultur Betawi. Film yang disutradarai Rano Karno (berdiri kiri), dengan pemain di antaranya Cornelia Agatha (berdiri kedua kiri), Aminah Cendrakasih (duduk kiri), Benyamin S (duduk kanan).

Selain bermain film, Aminah Cendrakasih juga mulai bekecimpung di dunia sinetron sejak tahun 1992.

Debut sinetron pertama Aminah Cendrakasih adalah Rumah Masa Depan yang tayang di TVRI.

Mak Nyak, sapaan akrab Aminah Cendrakasih juga pernah membintangi sejumlah iklan, yakni iklan Deterjen Dino, Balsem Balpirik dan Obat Inza.

Baca juga: Si Doel Pilih Sarah atau Zaenab? Mak Nyak Minta Tak Ada Poligami...

Aktris senior yang lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 29 Januari 1938 ini menikah dengan pria bernama Idris dan telah dikaruniai tujuh orang anak.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.