Profil Inke Maris, Mantan Penyiar TVRI yang Meninggal Dunia

Kompas.com - 31/12/2020, 22:02 WIB
Penyiar TVRI Inke Maris KOMPAS/BRE REDANAPenyiar TVRI Inke Maris

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan penyiar TVRI, Maria Dinariati atau Inke Maris meninggal dunia, Kamis (31/12/2020) pukul 19.20 WIB.

Menurut rencana, Inke Maris akan disemayamkan di rumah duka Jl. MPR Raya Kav. 8 No. 8, Cilandak Barat.

Mengenai kiprahnya, Inke Maris adalah salah satu tokoh perempuan asal Indonesia yang lahir di Bogor, Jawa Barat, pada 7 Desember 1948.

Inke Maris menempuh pendidikan SD di Yayasan Perguruan Cikini Jakarta (1960), SMP Yayasan Sumbangsih Jakarta (1963), dan melanjutkan sekolah di SMA Teladan Jakarta (1966).

Tidak sampai di situ, Inke Maris melanjutkan pendidikannya di City Of London Business School (1978).

Pengalamannya sebagai seorang penyiar BBC selama 12 tahun, menjadi catatan penting dalam hidupnya.

Saat pulang ke Indonesia, Inke Maris mendapatkan tugas menjadi penyiar siaran Bahasa Inggris di TVRI.

Pulangnya Inke Maris ke Indonesia itu karena mengikuti suaminya, Rizal Maris yang pada saat itu dipindahtugaskan ke Citibank Jakarta.

Mulai pada saat itu, masyarakat Indonesia mulai mengenal Inke Maris karena menjadi presenter televisi menggunakan bahasa Inggris.

Sepanjang kariernya dia berhasil mewawancarai mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Hilda Thatcher, Presiden pertama Palestina Yaseer Arafat, Perdana Menteri Australia ke-24 Paul Keating dan Perdana Menteri ke-6 India Rajiv Gandh.

Dia juga berkesempatan mendampingi Tien Soeharto saat Presiden Soeharto melakukan kunjungan resmi untuk menerima penghargaan FAO di Roma, Italia.

Sebagai seorang penyiar televisi yang profesional, Inke Maris sering mendapatkan tugas yang penting.

Terbukti saat Negara mendapatkan kunjungan tamu dari luar, ia selalu berkesempatan untuk mewawancarai orang-orang penting hingga pejabat negara sahabat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X