Ridwan Kamil: Raffi Ahmad Jangan Euforia Dulu, Baru Disuntik Sekali

Kompas.com - 14/01/2021, 09:58 WIB
Raffi Ahmad saat disuntik vaksin Covid-19 perdana di Istana Negara, Rabu (13/1/2021). Raffi Ahmad saat disuntik vaksin Covid-19 perdana di Istana Negara, Rabu (13/1/2021).Raffi Ahmad saat disuntik vaksin Covid-19 perdana di Istana Negara, Rabu (13/1/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat mengingatkan artis Raffi Ahmad untuk tak bergembira dulu setelah mendapat vaksin Covid-19.

Ridwan Kamil atau Kang Emil yang menjadi salah satu relawan vaksin Covid-19, menjelaskan pemberian vaksin Covid-19 dari Sinovac ini harus dua kali.

Suntik vaksin kedua yaitu setelah 14 hari dari pemberian pertama.

Baca juga: Sherina Munaf: Halo Raffi Ahmad, Setelah Vaksin Bukan Berarti Keluyuran Ramai-ramai

Dalam tayangan di Mata Najwa, Emil menegaskan, setelah vaksin, antibodi terhadap virus corona tak serta merta langsung terbentuk.

Butuh waktu sekitar 3 bulan untuk mendapat antibodi dalam tubuh yang maksimal.

"Tiga bulan setelah disuntik, darah saya mengandung 99 persen antibodi, menurut Prof Kusnandi Rusmil. Alhamdulillah sudah berlimpah antibodi melawan Covid," tutur Emil seperti dikutip Kompas.com dari tayangan Mata Najwa, Kamis (14/1/2021).

Baca juga: Heboh Foto Raffi Ahmad Berkumpul Tanpa Protokol Kesehatan, Ernest Prakasa: Menurut Saya Keterlaluan


Emil kemudian mengingatkan Raffi Ahmad yang baru saja menerima vaksin Covid-19 perdana di Istana Negara.

"Jadi Raffi Ahmad jangan euforia dulu. Pertama, karena baru disuntik sekali, 14 hari kemudian yang kedua (suntik vaksin)," kata Emil mengingatkan.

"Kemudian setelah suntikan kedua, baru 3 bulan antibodi itu muncul secara maksimal," lanjut Emil.

Ridwan Kamil merupakan salah satu relawan vaksin Covid-19.

Baca juga: Istana Sudah Ingatkan Raffi Ahmad soal Disiplin Protokol Kesehatan

Ia sudah lebih dulu mendapat vaksin Sinovac pada Agustus lalu.

Adapun Raffi Ahmad menjadi salah satu yang menerima vaksin Covid-19 perdana bersama Presiden Joko Widodo pada Rabu (13/1/2021).

Raffi Ahmad dipilih sebagai perwakilan dari influencer.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X