Kompas.com - 02/04/2021, 19:05 WIB
Ayana Moon dalam acara Gramedia Writers and Readers Forum 2021 yang bertajuk “Start Over”. (Bidikan acara Gramedia Writers and Readers Forum 2021). KOMPAS.com/Revi C Rantung Ayana Moon dalam acara Gramedia Writers and Readers Forum 2021 yang bertajuk “Start Over”. (Bidikan acara Gramedia Writers and Readers Forum 2021).

JAKARTA, KOMPAS.com- Model dan selebgram Ayana Jihye Moon atau dikenal Ayana Moon belum lama ini meluncurkan sebuah buku yang berjudul Ayana Journey To Islam pada 2020 lalu.

Hadir sebagai bintang tamu dalam gelaran acara Gramedia Writers and Readers Forum 2021 yang bertajuk “Start Over”, Ayana menceritakan awal ketertarikannya menulis buku.

“Bikin buku tahun 2020. Ini bukunya tipis tapi buku ini dibuat karena saya ingin sedekah,” kaya Ayana dalam acara Gramedia Writers and Readers Forum 2021 via Virtual, Jumat (2/4/2021).

Baca juga: Gramedia Writers and Readers Forum 2021 Bakal Digelar, Tere Liye hingga Rintik Sedu Hadir

“Tapi waktu itu saya bikin apa ya acara yang seru. Jadi saya pikir, saya bikin buku,” tambah model berkewarganegaraan Korea ini.

Ayana mengakui bahwa buku yang dibuatnya tipis. Pasalnya buku tersebut dibuat hanya dalam waktu enam bulan saja.

“Proses (pembuatan bukunya) enam bulan lebih. Karena ini tipis tapi saya kerjakan setiap hari, dan ada beberapa halangan juga,” ungkap Ayana.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sinopsis Superbad, Kisah Komedi Dua Pelajar Kutu Buku

Meski cukup dikenal dan telah membuat buku, Ayana masih menganggap dirinya bukan siapa-siapa. Tapi dia berjanji akan sebaik mungkin untuk bisa kembali berkarya.

“Saya pikir saya bukan siapa-siapa dan saya masih muda. Tapi (mungkin) di usia 40 tahun saya bisa mencoba bikin buku biografi dan harus belajar lagi,” imbuh Ayana Moon.

Buku Ayana berisi seputar perjalanannya ketika mengenal Islam.

Untuk diketahui, Ayana Moon merupakan model dan selebgram yang terkenal di Indonesia dan Malaysia.

Selain Ayana Moon yang hadir dalam acara Gramedia Writers and Readers Forum 2021, beberapa penulis buku best seller Gramedia turut hadir.

Mereka adalah Ardhi Mohamad, Asabell Audida, Ayana Moon, Boy Candra, Erisca Febriani, Faradita, Fellexandro Ruby, Indra Sugiarto, J.S. Khairen dan Kisah Tanah Jawa.

Ada juga Luluk HF, Nicky Hogan, Poppi Pertiwi, Rintik Sedu, Ryan Filbert, Samuel Ray, Syahid Muhammad, Tere Liye, Valerie Patkar, dan Wira Nagara.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X