Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Lim Young Woong, Penyanyi Trot Korea Selatan

Kompas.com - 08/02/2022, 14:24 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

KOMPAS.com - Penyanyi trot Lim Young Woong mendadak jadi sorotan usai memimpin perolehan dukungan di Mubeat Awards 2021 kategori Artist of the Year.

Dalam waktu satu malam, dukungan untuk Lim Young Woong melonjak drastis melampaui perolehan dukungan BTS dan EXO.

Sebelum disalip Lim Young Woong dengan jumlah dukungan lebih dari 10 juta pada Senin (7/2/2022), EXO memimpin dengan jumlah dukungan delapan juta sementara BTS di posisi kedua mendapatkan dukungan sebanyak tujuh juta.

Kekuatan penggemar Lim Young Woong di Korea Selatan membuat pencinta K-Pop global penasaran pada penyanyi trot itu. Berikut lima fakta Lim Young Woong.

Baca juga: Penyanyi Legendaris India Lata Mangeshkar Meninggal Dunia

Memenangi Kompetisi Mr. Trot

Lim Young Woong mulai dikenal publik setelah muncul di acara kompetisi Mr. Trot di stasiun televisi TV Chosun. Penyanyi kelahiran 16 Juni 1991 itu sukses jadi pemenang dari total 17.000 pendaftar.

Sebelum bergabung dengan program tersebut, Lim Young Woong telah memenangi banyak kompetisi menyanyi trot hingga menandatangani kontrak dengan Mulgogi Music dan debut sebagai penyanyi trot pada 2016 lewat single "Hate You".

Mengisi OST Drama Korea (Drakor)

Baru-baru ini Lim Young Woong didapuk jadi pengisi original soundtrack (OST) drama Gentleman and Lady.

Baca juga: Sinopsis The Afterparty, Menguak Misteri Pembunuhan Aktor dan Penyanyi

Lagu yang dinyanyikan Lim Young Woong menandai debutnya sebagai penyanyi OST drakor berjudul "Love Always Runs Away."

Sejak dirilis untuk pertama kalinya lagu tersebut sukses memuncaki tangga lagu lokal dan menjadi topik diskusi utama di media sosial.

Mendapatkan Banyak Penghargaan

Lim Young Woong hampir selalu memenangi penghargaan dari semua kategori yang dinominasikan padanya.

Baca juga: Penyanyi Asal Argentina, Diego Verdaguer, Meninggal karena Komplikasi Covid-19

Lim Young Woong telah memenangi penghargaan tertinggi (daesang) Trot of the Year di Asia Artist Awards 2021. Dia juga memenangi tiga dari empat nominasi Mubeat Awards 2020 termasuk dua penghargaan utama Song of the Year dan Music Video of the Year.

Lim Young Woong juga sukses membawa pulang empat piala di Seoul Music Awards 2022 dengan salah satu kategori penghargaan OST Award.

Puncaki Reputasi Brand Penyanyi

Lim Young Woong sukses menyalip grup BTS dan solois IU pada Oktober 2021 puncaki peringkat reputasi merek penyanyi di Korea Selatan.

Baca juga: Terungkap, Penyanyi Meat Loaf Meninggal Dunia karena Covid-19

Dilansir dari Allkpop, Selasa (8/2/2022), Lim Young Woong mendapatkan 16 juta poin dalam penilaian reputasi merek yang dilihat dari partisipasi konsumen, komunikasi, serta aktivitas di media dan komunitas.

Terciduk Merokok dan Tidak Pakai Masker

Lim Young Woong sempat tuai kecaman publik usai terciduk merokok di dalam gedung DMC Digital Cube pada pertengahan 2021 lalu.

Hal tersebut menuai kecaman lantaran Lim Young Woong juga kedapatan tidak menggunakan masker padahal kasus Covid-19 di tengah selebritas Korea Selatan sedang melonjak saat itu.

Baca juga: Penyanyi Rock Meat Loaf Meninggal Dunia dalam Usia 74 Tahun

Dilansir dari Allkpop, Selasa (8/2/2022), tak lama setelah insiden tersebut Lim Young Woong menyampaikan permintaan maaf karena membuat masalah. Dia berjanji akan bersikap lebih dewasa dan belajar dari kesalahannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com